Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cek Kesiapan Haji, Komisi VIII DPR RI Apresiasi Kesiapan Embarkasi Batam
Oleh : Aldy Daeng
Kamis | 11-05-2023 | 16:04 WIB
Komisi-VIII-DPR1.jpg Honda-Batam
Anggota Komisi Vlll DPR RI, Maman Imanulhaq (Jas hitam) didampingi Walikota Batam Muhammad Rudi, saat melakukan pengecekan kesiapan haji embarkasi Batam, di Asrama Haji Batam. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk memastikan kesiapan panitia haji melalui embarkasi Batam, Anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) melakukan kunjungan ke Kota Batam, Kamis (11/5/2023).

Anggota Komisi VIII DPR RI, KH Maman Imanulhaq, mengapresiasi seluruh kesiapan yang dilakukan Pemko Batam, mulai dari fasilitas jemaah umum atau pun jemaah lansia.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Kota Batam," ujar Maman Imanulhaq, di Asrama Haji Batam Center.

Lanjut Maman, pihaknya juga minta agar Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota untuk lebih proaktif menyampaikan informasi perihal pelunasan biaya haji langsung kepada jemaah di wilayahnya, meski Kepres biaya haji belum turun.

"Kami di sini jemput bola dari para jemaah yang harusnya melunasi tapi belum melunasi. Jadi kami mau tanya kendalanya apa. Nanti kanwil akan jemput bola. Jadi jemaah tahun ini bisa berangkat semua," kata legislator dari fraksi PKB ini.

Maman menjelaskan, tahun ini Indonesia mendapatkan tambahan kuota haji sebanyak 8.000 jemaah. Dari tambahan kuota tersebut, Provinsi Kepri tidak mendapatkan tambahan yang signifikan.

"Kuota haji kita dapat 8.000 tapi sesuai kuota memang Batam atau Kepri ini hanya dapat sedikit sekitar 1.291 jemaah," terang Maman.

Untuk itu, Maman juga menekankan, agar Kementerian Agama mengutamakan jemaaah lansia.

"Ada 60 persen lebih lansia jemaah haji. Ini membuktikan petugas dituntut profesional. Punya arahan untuk menghadapi sikologi para lansia. Yang ketiga adalah fasilitas yang tidak memberatkan lansia itu sendiri," pintanya.

Sementara Walikota Batam Muhammad Rudi menuturkan bahwa, Pemko Batam mendukung penuh semua kegitan haji. Pihaknya optimis fasilitas haji di Kota Batam lebih baik.

"Tentu saya mendukung, teknisnya sudah saya serahkan ke Kemenag," kata Muhammad Rudi.

Editor: Yudha