Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polresta Barelang Terima Kunjungan Korean National Police Agency
Oleh : Putra Gema
Kamis | 11-05-2023 | 12:32 WIB
Polisi-Korsel.jpg Honda-Batam
Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nugroho (tengah) foto bersama Korean National Police Agency di Mapolresta Barelang, Rabu (10/5/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nugroho menyambut kedatangan Korean National Police Agency di Mapolresta Barelang.

Kedatangan 29 orang yang berasal dari Korean National Police Agency tersebut terkait kunjungan studi pihak Kepolisian Korea selatan, guna berbagi informasi tentang pelayanan masyarakat di bidang kepolisian yang di miliki Indonesia serta Polisi Korea Selatan.

"Alhamdulillah Kota Batam dalam kondisi aman dan kondusif, tidak ada situasi menonjol, hal tersebut berkat kerja sama TNI dan Pemerintah Kota Batam. Kami beritahukan bahwa yang sering terjadi di wilayah hukum Polresta Barelang adalah masalah narkoba dan PMI Ilegal, dan Polresta Barelang telah melakukan menindakan terkait masalah tersebut," kata Kombes Pol Nugroho, Kamis (11/05/2023).

Berdasarkan data BPS Kota Batam tahun 2023 jumlah penduduk Kota Batam berjumlah 1.269.413 Jiwa, sedangkan luas wilayah Kepulauan Riau 3.868,97 Km yang mana 24,82% daratan dan 75,18% perairan.

Pemerintah Kota Batam mulai membangun infrastruktur pelebaran jalan maupun Bandara Hang Nadim, yang mana akan dikembangkan berskala internasional sama seperti Bandara Incheon Korea Selatan, sebelumnya Bandara Hang Nadim ini juga dibangun oleh investor dari Korea Selatan. Mudah mudahan Forkopimda Kota Batam dapat studi banding ke Korea Selatan.

"Kami dari Polresta Barelang siap bekerja sama dengan Polisi Korea Selatan dalam hal penduduk apabila ada warga Negara Korea Selatan ke sini yang melakukan kejahatan yang melakukan pelarian menuju ke Batam, kami bersedia bantu dan kita kerja sama dengan baik. Sekali lagi selamat datang di Kota Batam di Mako Polresta Barelang, yang mana suatu kebanggaan bagi kami. Kami berharap ke depan bisa bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik dengan Kepolisian Korea Selatan," tutupnya.

Superintendent Korean National Police Agency, Kim Min-Soo, turut mengucapkan terima kasih atas sambutan Kapolresta Barelang. Semoga dengan adanya pertemuan ini diharapkan akan adanya suatu kesepakatan dan kerja sama antara Kepolisian di Batam dengan Kepolisian Korea Selatan.

"Untuk ke depannya sangat berharap ada hubungan yang erat antara Polisi Batam dan Korea. Sekali lagi kami mengucapkan salam hormat kepada Kapolresta Barelang beserta staff," kata Kim Min-Soo melalui transletornya.

Kegiatan diakhiri dengan dilaksanakan pemberian cinderamata antara Kapolresta Barelang dan Pemimpin Rombongan Polisi Korea Selatan.

Editor: Gokli