Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

7 Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Laptop Hang
Oleh : Redaksi
Rabu | 26-04-2023 | 17:28 WIB
laptop-hang1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Cara mengatasi laptop hang bisa dilakukan sendiri supaya perangkat tersebut bisa dioperasikan kembali seperti semula. Anda bisa mencoba beberapa cara mudah berikut ini.

Laptop hang biasanya terjadi karena aplikasi yang digunakan terlalu berat, kebanyakan file sampah, hingga terdapat masalah atau kerusakan pada software maupun hardware.

Kondisi laptop yang tidak bisa bergerak ini tentu mengganggu penggunanya. Jika Anda tengah mengalaminya, simak tips berikut ini.

Dikutip dari laman PC Mag, terdapat sejumlah cara untuk mengatasi laptop yang sedang hang ketika digunakan.

1. Diamkan sesaat
Salah satu cara ketika laptop hang adalah dengan mendiamkannya beberapa saat. Cara ini biasanya akan berhasil karena memberikan laptop waktu untuk 'mengejar' dan menyelesaikan pekerjaannya.

Dikutip dari laman Askvg, laptop hang biasanya karena program aplikasi mengambil terlalu banyak RAM dan sumber daya CPU yang membuat seluruh sistem tidak responsif.

Untuk itu tunggulah laptop selama 5-10 menit sebagai solusi terbaik untuk laptop memperbaiki sendiri secara otomatis.

2. Jangan tekan tombol apa pun
Kebanyakan orang akan terus mengeklik dan menekan tombol secara acak ketika laptop mereka macet. Hal tersebut merupakan kesalahan yang justru menambah beban pada pemrosesan dan memperburuk keadaan.

Anda harus bersabar dan menunggu beberapa menit hingga laptop berfungsi kembali.

3. Tekan Ctrl+Shift+Esc
Jika menunggu ternyata tidak membantu, Anda perlu mencoba Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan. Gunanya, untuk memunculkan Task Manager.

Nantinya, Anda bisa mengetahui proses mana yang menghabiskan sumber daya CPU dan jumlah RAM tertinggi. Anda bisa memilih End Task Button untuk mematikan proses yang sedang berjalan sehingga sistem laptopmu dapat bekerja kembali.

4. Periksa perangkat
Anda bisa memastikan apakah laptop hang atau justru karena hal lain seperti sesuatu yang terputus atau kehabisan baterai.

Selidiki semua yang terhubung ke laptop dan pastikan mouse, keyboard, dan trackpad berfungsi dengan baik.

5. Tutup dan buka laptop
Cara mengatasi laptop hang yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah dengan menutup laptop dan membukanya kembali. Kadang-kadang hal ini membantu memperbaiki masalah freeze di hampir semua versi Windows.

6. Tekan Win+Ctrl+Shift+B
Anda bisa menekan logo Windows+Ctrl+Shift+B secara bersamaan. Cara ini akan memaksa Windows untuk me-refresh layar dengan me-restart-nya.

Anda akan mendengar bunyi bip pendek dan layar komputer akan berkedip atau redup selama beberapa detik.

7. Matikan laptop
Jika semua cara telah dicoba dan tetap tidak berfungsi maka matikan laptop. Caranya dengan menekan tombol power yang terletak di bagian atas keyboard.

Mungkin akan ada data yang hilang karena belum disimpan. Anda bisa mengeceknya ke File> Info> Kelola Dokumen> Pulihkan dokumen yang tidak disimpan atau File> Info> Manage Document(s)> Recover Unsaved Document.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha