Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ahmadi Noor Supit Resmi Gantikan Mekeng sebagai Ketua Banggar
Oleh : si
Selasa | 28-08-2012 | 20:20 WIB
Ahmadi_Noor_Supit.jpg Honda-Batam

Ketua Badan Anggaran DPR yang baru Ahmadi Noor Supit

JAKARTA, batamtoday - Pimpinan DPR RI menetapkan politisi Partai Golkar Ahmadi Noor Supit sebagai Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI menggantikan Melchias Markus Mekeng yang mengundurkan diri.


Penetapan Ahmadi Noor Supit melalui rapat internal Badan Anggaran DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Muhammad Anis Matta di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jakarta, Selasa (28/8/2012).

Rapat internal Badan Anggaran tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua Badan Anggaran, yakni Tamsil Linrung (PKS), Olly Dondo Kambey (PDI Perjuangan) dan Joko Widianto (Demokrat) serta anggota Badan Anggaran.

Pada pergantian jabatan Ketua Badan Anggaran DPR RI tersebut, Melchias Markus Mekeng tidak hadir sehingga palu pimpinan Badan Anggaran diserahkan secara simbolik dari Anis Matta kepada Ahmadi Noor Supit.

Menurut Tamsil Linrung, Melchias Markus Mekeng mengundurkan diri karena ingin berkonsentrasi menyelesaikan pendidikannya pada program magister di sebuah perguruan tinggi di Bandung.

Ditanya apakah mundurnya Melchias Mekeng karena disinyalir terkait kasus dugaan korupsi, Tamsil menegaskan Mekeng tidak terlibat.

Politisi PKS ini menambahkan, dengan ketua yang baru, Badan Anggaran DPR RI kedepan akan terus melakukan pembenahan baik mekanisme rapat maupun hasil rapat yang lebih transparan.

"Rapat Badan Anggaran kedepan akan kita buat lebih tepat waktu dan seluruhnya dilaksanakan di Gedung DPR bukan di hotel," katanya.

Sebelumnya, Melchias Markus Mekeng mengirimkan surat pengunduran diri dari ketua dan anggota Badan Anggaran kepada pimpinan DPR RI, pimpinan Badan Anggaran DPR RI, dan pimpinan Sekretariat Badan Anggaran DPR RI, tertanggal 16 Agustus 2012.

Dalam surat pengunduran diri tersebut, Melchias Mekeng menyatakan alasannya mengundurkan diri karena ingin berkonsentrasi menyelesaikan pendidikan pada jenjang magister dan ingin memiliki waktu lebih banyak berada di daerah pemilihan.

"Semoga Pak Mekeng dapat lebih fokus dan konsen setelah melepaskan jabatannya ini dan cepat selesai studinya tersebut. Apa yang dicapai pimpinan Banggar sebelumnya dapat ditingkatkan," kata Anis Matta saat memberi sambutan dalam pelantikan Ketua Banggar yang baru, Ahmadi Noor Supit.

 Ahmadi Noor Supit sebenarnya bukan orang baru dengan tugas Banggar. Pada 1992 silam ia pernah menjadi anggota alat kelengkapan DPR ini. Saat itu sebutannya adalah Panitia Anggaran. Setelahnya berubah menjadi Komisi APBN dan kini berubah lagi menjadi Banggar DPR.

Ahmadi Ia menjanjikan perbaikan kinerja Banggar. Untuk itu, ia akan mengarahkan Banggar untuk membahas alokasi anggaran yang benar-benar menyentuh langsung pada kepentingan masyarakat. Anggaran yang ia maksud antara anggaran untuk pembangunan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan pengentasan kemiskinan.