Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPR Rayakan HUT ke-67
Oleh : si
Selasa | 28-08-2012 | 19:40 WIB
Marzukie_Alie.jpg Honda-Batam

Ketua DPR Marzuki Alie

JAKARTA, batamtoday - DPR RI menggelar rapat paripurna dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-67 MPR/DPR yang jatuh pada tanggal 29 Agustus. Agenda tunggal dalam rapat paripurna tersebut adalah mendengarkan pidato Ketua DPR RI.



“Setiap tahun agendanya hanya satu yaitu Pidato Ketua DPR yang akan memaparkan kinerja sekaligus pandangan terhadap perkembangan demokratisasi di tanah air,” kata Karo Humas dan Pemberitaan DPR RI Djaka Dwi Winarko di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/8/12).

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPR Marzuki Alie. Pimpinan sidang memulai rapat dengan mengajak hadirin untuk mengheningkan cipta, mengenang jasa para pendahulu yang telah membesarkan lembaga perwakilan ini. Warna lain dari paripurna dalam rangka ulang tahun ini adalah pembacaan doa pada bagian akhir rapat.

Yang tidak kalah menarik adalah kehadiran para mantan Ketua dan Wakil Ketua DPR. Mereka akan duduk ditempat khusus dibagian depan ruang rapat. Sementara di balkon juga akan dipenuhi oleh para tamu undangan, seperti organisasi Persatuan Istri Anggota DPR (PIA), Pengurus Koordinatoriat Wartawan Parlemen serta pejabat eselon I sampai dengan IV Setjen DPR.

Setelah rapat paripurna ditutup, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan pemotongan tumpeng ulang tahun oleh Ketua DPR. Setelah itu pimpinan dan anggota DPR akan menyaksikan pameran foto jurnalistik ‘Warna Warni Parlemen' dan mengikuti kegiatan aksi sosial Donor Darah bagi Kemanusiaan.

Donor darah
Keluarga besar parlemen yang tergabung dalam Keluarga Sehat dan Donor Darah Parlemen Indonesia (KSDD-PI) kembali menggelar aksi sosial ‘Donor Darah bagi Kemanusiaan’ dalam rangka HUT RI dan HUT DPR ke-67. Kegiatan ini diharapkan dapat mengirimkan pesan pada publik, kepedulian sosial kepada sesama memerlukan aksi nyata dan segera.

“KSDD yang beranggotakan anggota DPR dan DPD serta Setjen MPR/DPR/DPD adalah komunitas yang peduli kesehatan dan donor darah. Kita ingin menunjukkan disini tidak hanya ada kegiatan politik tetapi juga kegiatan sosial, salah satunya donor darah,” kata Karo Humas dan Pemberitaan DPR RI Djaka Dwi Winarko.

Sebelum KSDD lahir 20 Mei 2005 kegiatan donor darah di komplek parlemen Senayan cendrung insidentil dan sporadis. Padahal aktivitas ini perlu diatur dalam rentang waktu tertentu sehingga tujuan kesehatan fisik pendonor dapat tercapai. KSDD yang saat ini dipimpin Ribka Tjiptaning, Ketua Komisi IX akhirnya dapat menata jadwal kegiatan setiap tahunnya sehingga membantu PMI dalam menjaga ketersedian darah bagi yang memerlukan.

“Kita bersyukur aksi sosial donor darah di DPR ini selalu dipenuhi peminat, baik anggota DPR, anggota DPR, karyawan Setjen bahkan masyarakat yang datang sukarela. Tahun lalu kita sampai menolak calon pendonor karena PMI kehabisan kantong darah,” lanjutnya.

Djaka yang juga sekretaris KSDD ini berharap kasus penolakan calon donor untuk tahun ini dapat diatasi oleh PMI. Baginya adalah ironi ditengah kebutuhan darah yang tinggi tetapi ada kondisi dimana pendonor terpaksa ditolak karena kantong darah tidak mencukupi.

Kegiatan “Donor Darah bagi Kemanusiaan” akan dilaksanakan pada Rabu (29/8), mulai pukul 08.00 – 13.00 WIB di Gedung Nusantara DPR RI. Acara ini tidak hanya bagi anggota KSDD tetapi terbuka untuk siapa saja yang terpanggil untuk membantu sesama. “Menjadi donor darah yang rutin dan teratur akan menciptakan jasmani dan rohani yang sehat sekaligus amal baik kepada sesama,” kata dia.