Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

6 Fakta Seputar Kebakaran Plaza Botania 1 Batam Center
Oleh : Aldy
Sabtu | 08-04-2023 | 10:44 WIB
09876_botania-1-kebakaran-01.jpg Honda-Batam
Kebakaran Plaza Botania 1 Batam Center pada Rabu (5/4/2023).

BATAMTODAY.COM, Batam - Kebakaran hebat terjadi di Plaza Botani 1, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam pada Rabu (5/4/2023). Kebakaran ini, salah satu musibah yang terbesar di Kota Batam periode Januari - 5 April 2023, di mana ratusan kios dan konter di plaza itu hangus terbakar.

Berikut fakta-fakta seputar kebakaran yang melanda Plaza Botania 1 Batam Center pada Rabu (5/4/2023).

  1. Terjadi Dini Hari

Kapolsek Batam Kota AKP Betty Novia mengatakan, berdasarkan keterangan saksi mata, yang merupakan petugas jaga di Plaza Botania 1, gumpalan api terlihat sekitar pukul 03.00 WIB di salah satu kios aksesoris yang terletak di lantai 1 plaza tersebut.

"Awalnya petugas yang berjaga tadi pagi sedang berkeliling seperti biasa. Saat berkeliling mereka melihat salah satu kios ada gumpalan api. Setelah masuk ke dalam kios tersebut ternyata api sudah menyebar," ungkap AKP Betty Novia.

  1. Puluhan Mobil Damkar Diterjunkan

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Batam, Azman, mengatakan kobaran api mulai membesar sekitar pukul 04.00 WIB. Semua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke Plaza Botania 1.

"Ada 15 unit mobil Damkar kami turunkan. Yang jelas kita terjunkan semua, ditambah lagi mobil pemadam dari BP Batam," ujar Azman.

  1. Tidak Ada Korban Jiwa

Selain menjelaskan jumlah armada Damkar yang diterjukan untuk memadamkan kobaran api di Plaza Botania 1, Kadis Damkar Kota Batam, Azman, mengatakan tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Namun, untuk penyebab kebakaran masih belem diketahui.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, nanti teman-teman dari kepolisian yang memberikan keterangan terkait penyebab dan sumbernya," jelas Azman.

  1. Kerugian Korban Ditaksir Mencapai Ratusan Miliar

Para korban yang terdampak kebakaran di Plaza Botania 1 ditaksir mengalami kerugian ratusan miliar Rupiah. Pasalnya, para pedagang di plaza itu didominasi penjual perangkat elektronik, seperti handphone dan sebagainya. Ada juga pedagang pakaian, sepatu dan berbagai aksesoris lainnya serta 7 toko emas yang juga ikut terdampak.

Selain pedagang, tentunya pengelola Plaza Botania 1 juga turut menjadi korban. Di mana, bagian gedung yang dilahap api itu mengalami kerusakan yang cukup parah.

  1. Proses Pemadaman hingga Pendinginan Mencapai 6 Jam

Proses pemadaman kobaran api yang melanda Plaza Botani 1 memakan waktu yang cukup lama. Meski letaknya berada di pinggir jalan utama dan akses mobil Damkar ke lokasi cukup mudah, namun api yang melahap ratusan kios dan konter tak gampang untuk dijinakkan. Hal itu juga diperparah banyaknya barang yang mudah terbakar ditambah pada saat kejadian kios maupun konter di plaza itu masih kondisi tutup.

Proses pemadaman berlangsung sekira pukul 04.00 WIB hingga pendinginan sekitar pukul 09.00 WIB. Namun, kepulan asap masih terlihat hingga pukul 13.00 WIB.

  1. Penyebab Kebakaran Masih Diselidiki Polisi

Hingga saat ini, Sabtu (8/4/2023), Polisi belum merilis penyebab kebakaran yang melanda Plaza Botania 1 pada Rabu (5/4/2023). Meski sumber api diketahui berasal dari toko aksesoris di lantai 1, namun untuk penyebab pasti masih dalam penyelidikan Polisi.

Editor: Gokli