Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BRK Syariah Dukung Program DPJ, Wujudkan Generasi Emas Indonesia Sadar Pajak
Oleh : Aldy Daeng
Kamis | 29-08-2024 | 18:04 WIB
BRKS-Sadar-Pajak1.jpg Honda-Batam
Sebanyak 39 pelajar dari 13 SMA sederajat di kabupaten/kota se Riau akan berkompetisi pada grand final LCCP 2024. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Pekanbaru - Grand final Lomba Cerdas Cermat Pajak (LCCP) Riau tahun 2024 yang ditaja Kantor Wilayah DJP Riau berlangsung di Ballroom Menara Dang Merdu BRK Syariah.

Sebanyak 39 pelajar dari 13 SMA sederajat di kabupaten/kota se Riau akan berkompetisi pada grand final LCCP tersebut. Tentunya mereka juga datang bersama tim sorak dari sekolah masing-masing.

Direktur Dana dan Jasa BRK Syariah, MA Suharto yang hadir memenuhi jemputan Kanwil DJP Riau mengaku bangga melihat pelajar SMA yang memiliki jiwa kompetitif. Kegiatan LCCP yang digagas Direktorat Jendral Pajak (DJP) ini tentunya memiliki manfaat yang luar biasa kepada generasi emas Indonesia agar menjadi pribadi yang sadar pajak.

"BRK Syariah sangat mendukung terselenggaranya acara ini. Karena tujuan dari acara ini adalah mewujudkan generasi emas Indonesia yang sadar pajak. Selamat bertanding dan selamat sudah menjadi yang terbaik dari 485 SMA sederajat lainnya. Tetaplah menjadi duta pajak yang terus mengedukasi masyarakat untuk taat pajak," kata MA Suharto, Kamis (29/8/2024).

Selain memberikan sarana tempat pelaksanaan grand final LCCP tahun 2024, BRK Syariah juga memberikan hadiah kepada 5 orang yang mengikuti kuis yang pertanyaannya berisikan seputar informasi Bank Riau Kepri Syariah, khususnya terkait pajak.

Adapun 13 sekolah yang berhasil mengikuti grand final LCCP Riau tahun 2024 ini diantaranya dari SMA Swasta Bintang Laut Rohil, Bengkalis SMA Negeri 1 Bengkalis, SMA Negeri 1 Tualang Siak, SMA Negeri 1 Rambah Rohul, SMAS Santo Tarcius Dumai, SMK Negeri 1 Rengat, SMA Negeri 1 Inhil, SMA Swasta Pesantren Teknologi Riau Kampar, SMAS Taruna Andalan Pelalawan, SMAS Kalam Kudus Selatpanjang, SMA Negeri 1 Teluk Kuantan, SMAS Dharma Yuda Pekanbaru dan SMAS Mutiara Harapan Pelalawan.

Disampaikan Kabid P2 Humas Kanwil DJP Riau, Bambang Setiawan dalam laporannya menyampaikan LCCP ini pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Siak oleh KP2KP Siak tahun 2020. Tahun 2023 kegiatan serupa dilaksanakan kembali oleh Kanwil DJP Riau yang diikuti oleh 424 sekolah dengan peserta sebanyak 1.272 pelajar. Dan tahun 2024 kembali dilaksanakan bertepatan dengan Hari Pajak 14 Juli 2024 dengan peserta 485 sekolah dengan total peserta sebanyak 1.455 pelajar.

"Untuk dua kali event ini ada 2.727 agen pajak se Provinsi Riau. Inilah misi kami sampai ke depannya mengumpulkan para agen-agen pajak di masa depan. LCCP ini sudah menjadi hajatan tahunan Kanwil DJP Riau, dan pada pelaksanaan di tahun 2004 ini kebahagiaan kami bertambah karena kegiatan tahun ini terealisasi dengan berkat sinergi bersama dengan pemerintah provinsi Riau, BRK Syariah dan pihak terkait lainnya," kata Bambang.

Menurutnya, kesadaran pajak sejak dini, pendekatan edukasi kepada generasi muda juga perlu disesuaikan. Karena generasi muda cenderung adaptif terhadap perkembangan teknologi oleh karenanya pendekatan yang digunakan juga harus dengan teknologi.

"Kami yakin dan percaya dari upaya edukasi hari ini akan dipetik hasilnya di beberapa tahun yang akan mendatang upaya konkret kami mungkin masih ada celah kami juga meminta kepada semua pihak untuk mendukung upaya berkelanjutan dan perbaikan-perbaikan kami ke depannya karena sejatinya keberhasilan berasal dari upaya perbaikan secara terus-menerus," imbuhnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah DJP Riau, Ardiyanto Basuki, Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau Evarefita, sejumlah kepala sekolah dari Kabupaten/Kota serta pimpinan KP2KP dari kabupaten/kota se Provinsi Riau.

Editor: Yudha