Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PT BRC Peduli, 66 Nelayan Bintan Terima Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan
Oleh : Harjo
Kamis | 06-04-2023 | 15:48 WIB
BRC_peduli_nelayan.JPG Honda-Batam
Penyerahan secara simbolis BPJS Ketenagakerjaan kepada nelayan oleh PT BRC selaku pengelola Kawasan Bintan Resorts (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Demi menjaga pergerakkan ekonomi, pemenuhan kebutuhan pangan akan makanan laut, keberlangsungan kehidupan serta kesejahteraan nelayan, PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) sebagai pengelola Kawasan Wisata Bintan Resorts, turut terlibat membantu pemerintah daerah Kabupaten Bintan.

Hal tersebut dengan memberikan program bantuan pembayaran iuran perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan (BPJS) kepada sebanyak 66 nelayan yang merupakan gabungan dari Desa Sebong Lagoi dan Sebong Pereh, Kabupaten Bintan.

Penyerahan program bantuan secara simbolik dilakukan di Balai Desa Sebong Pereh dan dihadiri oleh Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Pinang, perwakilan Camat Teluk Sebong, Ketua Nelayan Desa Sebong Pereh dan Sebong Lagoi, serta management PT BRC.

"Secara resmi bantuan ini digulirkan tepat pada peringatan hari nelayan nasional tanggal 6 April 2023, dan akan berjalan selama enam bulan kedepan. Program ini merupakan bagian dari kepedulian sosial PT BRC, untuk saling bahu membahu bersama pemerintah daerah dalam keberlangsungan bidang kesejahteraan, sosial dan ekonomi masyarakat setempa," kata Bhakti Adi perwakilan dari PT BRC, (6/4/2023).

Dijelaskan, management PT BRC menyampaikan bahwa bantuan pembayaran iuran BPJS ketenagakerjaan, diberikan kepada nelayan ini sebagai bentuk kepedulian untuk meringankan beban ekonomi dan sekaligus memberikan jaminan perlindungan kesehatan dan jiwa jika para nelayan mengalami kecelakaan kerja saat melakukan aktifitas melaut.

"Asuransi ketenagakerjaan sangat penting untuk dimiliki oleh nelayan, yang merupakan pahlawan gizi dan nutrisi bagi masyarakat. Karena bekerja siang dan malam memastikan terpenuhinya kebutuhan akan makanan laut terutama ikan," imbuhnya.

Sehingga jaminan perlindungan kesehatan dan jiwa bagi para nelayan harus tersedia. Pemberian program bantuan pembayaran iuran BPJS ketenagakerjaan ini, juga dimaksudkan untuk mendorong kesadaran dan wawasan bagi nelayan dan masyarakat luas, akan pentingnya mempunyai perlindungan ketenagakerjaan, kesehatan dan jiwa.

Selaras dengan semangat peringatan hari nelayan nasional, pemberian bantuan iuran BPJS ketenagakerjaan oleh PT BRC ini sekaligus merupakan perwujudan rasa terimakasih.

Penghargaan kepada nelayan karena membantu pemenuhan suplai hasil laut yang dibutuhkan oleh kawasan wisata Bintan Resorts.

"Semoga nelayan dapat bekerja lebih semangat, karena merasa aman dengan perlindungan kesehatan dan jiwa yang dimiliki, sehingga terus menghasilkan tangkapan hasil laut yang berlimpah," harapnya.

Kegiatan yang dilangsungkan di Balai Desa tersebut, secara khusus menghadirkan tim BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Pinang yang memberikan pemaparan serta tanya jawab interaktif seputar BPJS Ketenagakerjaan kepada nelayan yang hadir.

Editor: Surya