Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Imigrasi Karimun Sosialisasi Pengembangan M-Paspor
Oleh : Freddy
Selasa | 21-03-2023 | 18:31 WIB
IMG-20230321-WA0078.jpg Honda-Batam
Kegiatan sosialisasi m-paspor kepada masyarakat Kabupaten Karimun. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun sosialisasi pengembangan M-Paspor (paspor online) kepada masyarakat di Hotel Aston Karimun, Selasa (21/3/2023).

Kegiatan sosialisasi yang dihadiri perwakilan sejumlah instansi dan perwakilah sekolah SMA/SMK di Karimun, dipaparkan mengenai aplikasi M-Paspor dan pengembangannya.

Kepala Kantor Imigrasi Karimun, Zulmanur Arif dalam sambutannya menyampaikan 100 hari target kerja yang ingin dicapai bapak Silmy Karim sebagai Dirjen Imigrasi bidang pelayanan, digitalisasi dan golden visa.

"Pengembangan aplikasi M-Paspor ini bertujuan untuk mempermudah, yang tujuan akhirnya untuk kenyamanan bagi masyarakat selaku pengguna jasa," ujar Zulmanur Arif.

Sementara Prayogi, selaku pemateri menjelaskan bahwa Aplikasi M-Paspor ini terdapat beberapa pengembangan fitur pada Aplikasi M-Paspor, di antaranya adalah pemilihan lokasi terletak di awal setelah pendaftaran. Kemudian pemilihan jenis layanan reguler dan percepatan, serta pemilihan waktu foto dan wawancara yg lebih mengakomodir.

"Masa berlaku paspor telah berubah dari yang sebelumnya hanya 5 tahun kini menjadi 10 tahun untuk WNI yang telah berusia 17 tahun atau telah menikah," ungkapnya.

Selain itu ada kemudahan lainnya yang diberikan Direktorat Jenderal Imigrasi yakni berupa penghapusan persyaratan rekomendasi dari Kementerian Agama (kemenag) untuk pemohon paspor untuk tujuan menunaikan ibadah haji.

"Kemudian di Kantor Imigrasi Karimun ini ada juga layanan percepatan pembuatan paspor yang satu hari langsung siap dengan kuota hanya 5 orang per hari. Untuk pembuatan paspor 1 hari siap ini, pemohon akan dikenakan biaya PNBP sebesar Rp 1.000.000 untuk layanan percepatan dan Rp 350.000 untuk buku paspor," pungkasnya.

Editor: Yudha