Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Didukung Super Air Jet, Hang Nadim Batam Resmi Buka Penerbangan Batam-Bandung dan Batam-Makassar
Oleh : Aldy Daeng
Minggu | 19-03-2023 | 13:04 WIB
hang_nadim_superject-1.jpg Honda-Batam
: Launching penerbangan Super Air Jet dan pengalungan bunga pada penumpang pertama Batam-Bandung dan Batam-Makassar di Bandara Internasional Hang Nadim, Jumat (17/3/2023) (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bandara Internasional Batam (BIB) Hang Nadim resmi membuka penerbangan dengan rute Batam, Kepulauan Riau (Kepri) dengan tujuan Bandung, Jawa Barat dan Batam menuju Makassar, atau sebaliknya. Penerbangan ini menggunakan maskapai Super Air Jet, anak usaha Lion Group.

"Untuk mempermudah masyarakat, penerbangan di langsung Batam-Bandung kita buka, hari ini kedatangan penerbangan pertama. Selain itu penebangan Batam menuju Makassar juga ada secara langsung tanpa transit," ujar Direktur BIB Bandara Hang Nadim Batam, Pikri Ilham, Jumat (17/3/2023)

Dijelaskan Pikri, penerbangan dengan Super Jet ini, akan dijadwalkan dengan satu kali penerbangan untuk satu harinya. Menurutnya, penambahan rute ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BIB untuk terus mengembangkan penerbangan di kota Batam.

Dengan demikian, hal ini akan berdampak positif pada segala sektor, terutama pada tingkat kunjungan pariwisata, dengan ratusan kunjungan dari kota Bandung setiap harinya ke Batam, ini akan membuat peningkatan pada tingkat hunian hotel, dan wisata kuliner lainya.

"Yang jelas ini sangat berpengaruh pada peningkatan pariwisata kita," jelas Pikri Ilham

Selain itu, Nantinya, PT BIB juga akan menambah penerbangan ke beberapa rute lainnya seperti Bali, Malaysia, dan Korea Selatan.

:Dalam waktu dekat ini akan kita tambah ke Denpasar, Kuala Lumpur, dan Incheon," sambung Pikri Ilham

Sementara, Corporate manager Super AirJet, Reza Noviandri mengungkapkan, jalur penerbangan ini telah resmi dibuka sejak Jumat (17/3/2023) dengan menggunakan pesawat Super Air Jet tipe pesawat A320-200. Pihaknya juga memberikan gratis bagasi 20 kilogram.

"Harganya kisaran angka Rp1 jutaan. Dan kita tetap mengacu pada peraturan pemerintah terkait harga tiket batas atas. Ada tambahan free bagasi 2 kg untuk yang check-in online," ungkap Reza.

Kemudian, Ketua Komisi II DPRD Batam, Wahyu Wahyudin mengapresiasi penambahan rute baru tersebut. Namun menurutnya, ada hal yang harus dijaga dari setiap penerbangan ialah pelayanan agar tak mengecewakan masyarakat.

"Ini akan berdampak baik terutama untuk geliat ekonomi di Batam sebagai kota industri dan pariwisata. Yang harus diperhatikan adalah pelayanan. Terutama bagasi. Apalagi ini mendekati waktu mudik. jadi harus dipersiapkan sebaik mungkin," tuturnya.

Editor: Surya