Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapal Keruk Bangka 1 Terbakar di Perairan Sekumbang Karimun
Oleh : Fredy
Kamis | 16-03-2023 | 20:00 WIB
0112_kapar-keruk-terbakar-0123.jpg Honda-Batam
Kapal Keruk Bangka 1 yang terbakar di perairan laut Sekumbang Desa Prayun Kecamatan Kundur Utara. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kapal Keruk Bangka 1 yang sudah dilelang dan dimenangkan PT Teguh Sukses Sejahtera terbakar di perairan Sekumbang Prayun, Kecamatan Kundur Utara, Kabupaten Karimun, Kamis (16/3/2023).

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan, membenarkan telah terjadi kebakaran di eks kapal keruk Bangka 1 yang sedang dilaksanakan pekerjaan oleh pemenang lelang aset eks operasional perusahaan tersebut.

"Posisi musibah ini di sekitar wilayah Pelabuhan Sekumbang, Kecamatan Kundur Utara, Kabupaten Karimun," ungkap Anggi Siahaan.

Ia menjelaskan, kapal keruk Bangka 1 ini sudah dilelang dan pemenang lelang adalah PT Teguh Sukses Sejahtera.

"Terkait kronologis kejadian mungkin dapat kita tunggu keterangan dari mitra pemenang lelang. Kami informasikan juga aset tersebut memang masih berada di areal PT Timah Tbk. Semoga musibah ini mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat dari tim di lapangan," tutup Anggi Siahaan.

Dari informasi di lapangan, peristiwa kebakaran kapal keruk Bangka 1 saat pekerja sedang melakukan kegiatan pemotongan plat bandar bandar jek (besi yang dilapisi karet) yang sudah lama dan berkarat untuk diganti agar kapal tidak mengalami kebocoran.

Akan tetapi, saat dilakukan proses pemotongan plat itu muncul percikan api, sehingga pekerjaan pemotongan plat dihentikan. Sayangnya, percikan api sudah menyebar lalu menyambar karet yang melapisi besi di atas sekeliling kapal.

Kemudian, dilakukan pemadaman api oleh para pekerja dengan menggunakan APAR kurang lebih sebanyak 6 buah, dan berusaha menggunakan pompa air tetapi air tidak sampai menjangkau titik api yang berada di atas kapal.

Karena api tak bisa dipadamkan dan mulai membesar pengawas pekerjaan mengambil keputusan agar pekerja yang berada di kapak keruk Bangka 1 agar meninggalkan kapal dan segera kembali ke PT. Timah Tbk. Merek pun melaporkan kepada Kepala Unit diperintahkan untuk meminta pertolongan kapal pancung pemadaman api.

Sementara itu, Satpolairud Polres Karimun yang mendapatkan info bahwa kapal kerk Bangka 1 mengalami kebakaran langsung mendatangi tempat kejadian perkara.

Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Semua pekerja yang berjumlah 7 orang telah dievakuasi dengan kondisi selamat.

Editor: Dardani