Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

HUT DPR ke-67 Bakal Dihibur Ki Manteb Sudarsono
Oleh : dpr/si
Jum'at | 24-08-2012 | 18:22 WIB
Marzuki_Alie.jpg Honda-Batam

Ketua DPR Marzuki Alie

JAKARTA, batamtoday - Peringatan HUT DPR RI ke-67 yang jatuh pada 29 Agustus mendatang akan menampilkan dalang terkenal Ki Manteb Sudarsono. Hiburan rakyat yang sekaligus dimaksudkan memeriahkan HUT ke-67 Kemerdekaan Republik Indonesia ini akan menampilkan lakon cerita Sumilaking Pedhut Wiratha



Ketua DPR RI Marzuki Alie dan jajaran pimpinan lain dijadwalkan akan hadir berbaur bersama rakyat menyaksikan tontonan ini. Pelaksanaan acara di Lapangan Sepakbola DPR RI, Jl. Jendral Gatot Subroto, Senayan Jakarta, Sabtu (1/9) mulai pukul 19.30 WIB.

Lakon yang kepentingan pribadi. Pemimpin harus mendengar aspirasi rakyat, tidak boleh sewenang-wenang. Rakyatpun harus mempunyai jiwa kebangsaan dan bela negaraakan dibawakan Ki Manteb Sudarsono sangat menarik, menggambarkan negara Wiratha berupaya bangkit dari krisis multi dimensi. Banyak pejabat negara menyalahgunakan wewenangnya, masyarakat terpecah belah, para nayaka tidak lagi menjiwai dan mengamalkan 5 gegebengan angger ugering negara.

Ancaman terhadap negara Wiratha yang dipimpin Raja Matswapai semakin bertambah karena dua negara tetangga Astina dan Trigarta bersekutu dan ingin menyerang negara itu. Mereka sangat yakin negara dalam kondisi lemah ini akan sangat mudah ditaklukkan.

Perangpun terjadi, Raja Matswapai berhasil ditawan musuh. Namun berkat pencerahan yang dilakukan Pandawa yang saat itu sedang menyamar, Negara Wiratha dapat bangkit kembali.

Cerita Sumilaking Pedhut Wiratha adalah kisah penuh makna yang diharapkan dapat menjadi pelajaran bagi publik termasuk para pemimpin agar mengedepankan kepentingan negara dari pada kepentingan pribadi. Pemimpin harus mendengar aspirasi rakyat, tidak boleh sewenang-wenang. Rakyatpun harus mempunyai jiwa kebangsaan dan bela negara.