Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Selamat! Bintan Kembali Raih Adipura, Meski Kota Tua Kijang Langganan Banjir
Oleh : Syajarul
Minggu | 05-03-2023 | 16:32 WIB
kota_tua_kijang.jpg Honda-Batam
Kota Tua, di Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur, Bintan (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Untuk kesekian kalinya, Kabupaten Bintan kembali berhasil meraih penghargaan Adipura kategori Kota Kecil yang bersih dan tertata rapi. Meskipun kota tua Kijang, Kecamatan Bintan Timur, menjadi lengganan banjir.

"Selamat untuk Kabupaten Bintan, para petinggi berhasil meyakinkan panitia. Hingga Kabupaten Bintan berhasil meraih penghargaan Adipura untuk kesekian kalinya," ucap Tokoh Pemuda Bintan Asri Suherman di Kijang, Sabtu (5/3/2023).

Di sisi lain, pria yang akrab disapa Eman itu berharap Pemerintah Kabupaten Bintan turut konsisten dalam menjaga linggkungan, agar penghargaan yang dibangga-banggakan banyak orang itu benar-benar sesuai fakta di lapangan.

"Kondisi Bintan saat ini kian memperihatinkan, terkhusus saat memasuki musim hujan. Jumlah titik banjir meningkat. Terlebih di wilayah kota tua Kijang, banjir seakan menjadi kutukan. Berganti pimpinan daerah, masalah ini tak kunjung teraliasasi dan justru semakin parah," kata Eman.

Untuk itu, diharapkan dengan diraihan penghargaan Adipura ini bisa menjadi atensi pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur yang tak kunjung membaik.

Seperti gorong-gorong yang fungsinya tak sesuai kapasitas, sehingga saat memasuki musim penghujan, gorong-gorong yang ada tak mampu menampung bibit air.

"Semoga masukan ini didengar. Karena jika tidak, kasihan masyarakat yang terus-menerus tekena dampaknya," sebut Eman.

Adipura yang diterima langsung oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan ini dianggap sebagai penambah spirit menjaga lingkungan dan mengelola sampah.

"Apresiasi untuk semua, khususnya para pahlawan kebersihan dan lingkungan. Adipura ini bukan puncak dari upaya kita menjaga lingkungan, ini bonus bagi kita. Namun semangat menjaga lingkungan itu berkelanjutan sampai ke generasi akan datang," kata Roby usai menerima Penghargaan Adipura, Selasa (28/2/2023), di Gedung Manggala Wanabakti.

Editor: Surya