Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan KK Jadi Korban Banjir di Bintan, Roby Perintahkan Semua Unsur Gerak Cepat
Oleh : Harjo
Minggu | 05-03-2023 | 10:04 WIB
bpbd_bintan_romlan_banjir.jpg Honda-Batam
Kepala BPBD Bintan Ramlah bersama korban banjir di Bintan (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, terus mengguyur hampir seluruh wilayah Pulau Bintan. Sejumlah titik di berbagai wilayah Kabupaten Bintan pun mengalami banji dengan ketinggian air yang bervariasi.

Bupati Bintan Roby Kurniawan langsung mengerahkan perangkatnya di dinas terkait untuk mengambil tindakan cepat tanggap untuk mengantisipasi, termasuk mengevakuasi dan memberi bantuan terhadap korban.

Data di lapangan, sejauh ini tercatat lebih dari 50 KK dengan lebih dari 200 jiwa menjadi korban banjir kali ini. Tindak awal Pemkab Bintan melalui BPBD langsung turun ke lapangan mendata masyarakat dan melakukan evakuasi awal sesuai kebutuhan.

"Informasi terakhir, hingga malam ini sebagian warga kita memang tidak diungsikan, mereka sementara tinggal di rumah tetangga dan kerabat khususnya di Kampung Pisang. Yang jelas, tetap kita pantau perkembangan cuaca dan pasang air laut, dapur umum sudah kita siapkan, logistik juga sudah kita distribusikan," kata Roby, Sabtu (4/3/2023) malam.

Hingga saat ini, di wilayah Bintan Timur sendiri sudah didirikan tiga titik dapur umum yang menggunakan rumah masyarakat setempat. Bahan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, kopi, mie instan dan sebagainya juga sudah didistribusikan di rumah-rumah terdampak.

Wilayah lainnya, seperti Bintan Utara, juga sudah didirikan beberapa tenda pengungsian dari Dinas Sosial, yang juga sedang mendata dampak banjir di wilayah Kecamatan Gunung Kijang dan Kecamatan Toapaya.

Kepala BPBD Bintan, Ramlah --yang masih berada di lokasi Kampung Pisang sempat memberi gambaran bahwa dirinya bersama tim akan melakukan pemantauan berkelanjutan.

"Ada rumah yang memang airnya belum surut. Sementara malam ini belum bisa kita sedot, jadi terus kita pantau ketinggiannya. Arahan Bapak Bupati sebisa mungkin besok jika memungkinkan pasukan Damkar akan kita turunkan untuk membantu menyedot sisa genangan air di rumah-rumah sekaligus membersihkan" tutupnya.

Editor: Surya