Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Karimun dan UIR Teken MoU Bidang Pendidikan dan Penelitian
Oleh : Freddy
Jumat | 03-03-2023 | 16:04 WIB
IMG-20230303-WA0059.jpg Honda-Batam
Bupati Karimun Aunur Rafiq menandatangani kerjasama dengan Universitas Islam Riau (UIR). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pemerintah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau resmi menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Riau (UIR).

Kerja sama ini ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq dengan Wakil Rektor I UIR Dr. H. Syafhendry di Ruang Rapat lantai II Rektorat UIR Pekanbaru, Kamis (2/3/2023).

Kerjasama yang terjalin antara Pemkab Karimun dan UIR ini dalam rangka peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan yang menjadi kesepakatan bersama dalam MoU yakni bidang pendidikan, bidang penelitian dan pengembangan serta bidang pemberdayaan masyarakat.

Setelah dilakukan penandatanganan kesepakatan kerjasama, nantinya kedua belah pihak akan melanjutkan kepada Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Baperlitbang Kabupaten Karimun dengan UIR.

Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam sambutannya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada UIR yang telah menjalin kerja sama atau sinergitas dengan Pemkab Karimun. Baginya, kegiatan ini merupakan momentum yang sangat baik bagi pemerintah daerah dan pihak universitas untuk sama-sama memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

"Semoga kerja sama ini dapat terus berjalan dengan baik, dan MoU yang ditandatangani ini tidak hanya sekedar kerja sama tetapi juga dikembangkan dalam bidang-bidang yang sangat diperlukan oleh daerah," kata Rafiq.

Sementara Itu, Wakil Rektor I Universitas Islam Riau Syafhendry menyampaikan banyak mahasiswa Karimun yang mengikuti studi di UIR. Syahfhendry mengapresiasi Bupati Karimun yang menganggap peningkatan Sumber Daya Manusia adalah hal yang penting.

"Banyak mahasiswa asal Karimun yang sedang studi di Universitas Islam Riau, sangat baik Karimun memiliki Bupati yang mementingkan peningkatan Sumber Daya Manusia. Hal ini menjadi salah satu kelebihan karena mengambil kebijakan yang mengutamakan masyarakat Karimun," pungkasnya.

Syahfhendry berharap agar kerjasama ini dapat terus terjalin dan tidak hanya di bidang SDM yang unggul, tapi ke depan pihak Universitas Islam Riau siap bersinergi di bidang lainnnya.

"Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan kami dari pihak Universitas kedepan siap untuk bersinergi dengan Pemda Karimun dalam bidang bidang lainnya, dan ini semata mata kita lakukan demi kemajuan Kabupaten Karimun," tutup Syahfhendry.

Penandatanganan MoU antara Pemkab Karimun dan UIR turut disaksikan oleh Sekretaris Umum YLPI Arifin Boer, Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama, Asisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Baperlitbang, Kepala Disnaker, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Pertanian, Kabag Umum, Kabag Perbatasan, Kabag Pembangunan, Kabag Perlengkapan, dan Kabag Prokopim.

Editor: Yudha