Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kantor Cabang Penyumbang Laba Terbesar di Tahun 2022

Tahun 2023, Pegadaian Batam Dapat Prioritas Program dan Anggaran di Lingkup Kanwil II
Oleh : Aldy
Kamis | 16-02-2023 | 12:48 WIB
Musonif-Pegadaian.jpg Honda-Batam
Deputi Bisnis PT Pegadaian Area Batam, Musonif. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pegadaian Cabang Kota Batam di tahun 2023 ini bakal mendapat prioritas program dan anggaran di lingkup Kantor Wilayah (Kanwil) II Pekanbaru. Sebab, Pegadaian Batam, salah satu cabang yang menghasilkan laba terbesar di tahun 2022.

Kepala Pegadaian Kanwil II Pekanbaru, Maryono, menyampaikan secara keseluruhan pertumbuhan nasabah pada periode 2022 mencapai 16 persen, dan ini merupakan capaian yang melebihi dari target yang minimal 2 digit.

"Batam menyumbangkan laba lebih dari 50 persen. Selayaknya kami berikan prioritas untuk Batam, termasuk feedback dalam bentuk CSR," ujar Maryono, usai pengundian kupon nasabah Pegadaian di Swissbell Hotel Harbour Bay Batam, Rabu (15/2/2023) malam.

Dengan Batam sebagai penghasil laba terbesar di wilayah Kepri, Maryono menjelaskan, kontribusi kepada negara berupa devisa juga semakin besar. Termasuk kontribusi terhadap Pemerintah Daerah, dalam hal ini pihaknya tengah fokus dalam pemulihan UMKM pascapandemi Covid-19.

"Laba perusahaan yang semakin meningkat, dan sebagian juga kami kembalikan ke masyarakat dalam bentuk CSR, termasuk sinergi dengan Pemerintah Daerah dan BUMN lainnya," kata Maryono.

Sementara Deputi Bisnis PT Pegadaian Area Batam, Musonif, menuturkan saat ini ada 13 Kantor Cabang Pegadaian di Provinsi Kepri dan 98 Unit Pembantu Cabang (UPC), yang dominan berada di Kota Batam.

Dengan peningkatan keberhasilan Pegadaian Kanwil ll Pekanbaru tahun 2012 lalu, kata Musonif, tahun ini Pegadaian tengah menyusun sejumlah strategi di antaranya, percepatan layanan terhadap nasabah termasuk layanan digital yang telah disiapkan.

"Kita harapkan ini berguna bagi kemudahan akses para nasabah, dan membuat waktu semakin simpel. Termasuk program yang kita canangkan tahun ini, yaitu produk pembiayaan yang berbasis jaminan seperti BPKB dan sertifikat, termasuk akselerasi prioritas. Selain itu, pembiayaan tanpa agunan atau non jaminan juga ada dalam program," kata Musonif.

Dijelaskan Musonif, terkait CSR untuk Kota Batam tahun 2022 telah diserahkan secara keseluruhan di setiap kantor wilayah. Sebagian dari CSR itu diserahkan secara langsung kepada masyarakat seperti batuan langsung kepada masyarakat kurang mampu atau kaum duafa.

"Ada beberapa program, di antaranya, penghijauan, bantuan sembako, termasuk bantuan pembangunan masjid dan layanan umum lainnya," jelasnya.

Dari laba perusahaan yang semakin meningkat, selain dalam bentuk CSR, sinergi dengan Pemerintah Daerah dan BUMN lainnya juga dilakukan. "Untuk CSR tahun lalu sudah didistribusikan semuanya. Dengan nominal sekitar Rp 200 juta untuk tahun 2022. Kita berharap di tahun 2023 ini CSR bisa lebih banyak lagi," pungkas Musonif.

Editor: Gokli