Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapal Dumai Line 9 Kandas dan Nyangkut di Hutan Bakau Meranti
Oleh : Irwan Hirzal
Minggu | 12-02-2023 | 19:33 WIB
001122_dumai-line-01.jpg Honda-Batam
Kapal MV Dumai Line 9 yang berlayar dari Batam tujuan Selatpanjang lepas kendali hingga kandas di hamparan bakau Tebingtinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Maranti. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapal MV Dumai Line 9 yang berlayar dari Batam tujuan Selatpanjang lepas kendali hingga kandas di hamparan bakau Tebingtinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Maranti, Provinsi Riau.

Dari rekaman video yang beredar di media sosial, tampak ratusan penumpang panik karena kapal yang mereka tumpangi kandas di hutan bakau.

"Kapal sampai naik ke darat. Kru kapal pada panik. Belum diketahui apa masalahnya," ujar sesesorang diduga perekam video.

Saat dikonfirmasi, Humas Dumai Express Group, Asmadi, membenarkan kejadian tersebut.

"Benar, tadi pagi kejadiannya. Kapal dari Batam menuju Balai dan ke Selatpanjang. Antara sungai Rempang Tohor pertengahan Meranti," ujarnya, Minggu (12/2) sore.

Ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden nahas itu. Kondisi kapal pun sudah kembali mengapung akibat air laut pasang naik.

"Kapal membawa 241 orang 15 orang anak-anak. Untuk penumpang tujuan ke Dumai sudah dievakuasi ke Dumai line 8 untuk melanjutkan perjalanan," kata dia.

Ia menambahkan, dugaan sementara kapal menabrak bibir pantai hingga naik ke daratan hutan bakau karena human error mualim (chief officer). "Ini masih didalami pihak KSOP setempat," pungkasnya.

Editor: Surya