Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

RBcorp Siap Jembatani Promosi Konten Kreator di Batam
Oleh : Aldy Daeng
Jumat | 10-02-2023 | 19:33 WIB
IMG_20230210_143429_(1).jpg Honda-Batam
Rizki Budiman dan Raymond Zhou, Co-Founder RBcorp. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - RBcorp, sebuah perusahaan yang didirikan pada Agustus 2022 lalu, memberikan solusi bagi para konten kreator muda untuk mempromosikan karya dan meningkatkan kualitas konten mereka. RBcorp berfungsi sebagai jembatan promosi, memberikan tips dan trik membuat konten yang laku dan sesuai dengan pasar.

Selain itu, RBcorp juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi tentang dunia kreatif kepada siswa. Saat ini, RBcorp sudah memiliki lebih dari 100 konten kreator yang tersebar di berbagai kota.

Rizki Budiman dan Raymond Zhou, Co-Founder RBcorp mengatakan pihaknya mempromosikan karya para kreator melalui Instagram, TikTok, dan YouTube. RBcorp juga bekerja sama dengan Infinix Studio untuk membantu para kreator memproduksi konten yang berkualitas.

"RBcorp adalah wadah yang sangat baik bagi para kreator konten untuk mempromosikan karya mereka dan meningkatkan kualitas konten mereka," ujar Rizki Budiman, saat ditemui di salah satu cafe di kawasan Batam center, Kamis (9/2/2023) malam

Lanjut Rizki, Kreativitas dan keuletannya membuahkan hasil, memulai kariernya sebagai konten kreator dengan modal yang minim, atau hanya menggunakan handphone saja. Dengan keterbatasan itu, ia terus berusaha untuk meningkatkan kualitas kontennya.

Rizki mencatat sejarah suksesnya pada Agustus 2022, ketika dia memutuskan untuk merekrut karyawan dan membentuk tim kreator. Saat ini, timnya sudah berkembang menjadi 10 orang dan memiliki manager sendiri.

"Di sini tidak hanya fokus pada pendapatan, kami juga memiliki perhatian yang besar terhadap bidang sosial. Bersama dengan komunitas 'Kreator Peduli', kami juga fokus pada aktivitas yang berkaitan dengan kemanusiaan, seperti Jumat Berkah dan peduli lingkungan," terang Rizki, yang juga sempat mencoba menjadi penulis skrip di salah satu perusahaan di Singapura.

Di saat berbincang dengan BATAMTODAY.COM, anak tunggal dari seorang guru ini menceritakan awal mula punya ide untuk menjadi konten kreator. Saat itu, Ia memanfaatkan masa pandemi untuk mengejar mimpinya. Sejak awal pandemi, ia merasa kurang produktif dan merasa bosan. Namun, ia tidak menyerah dan menemukan cara untuk mengisi waktunya dengan berkreasi.

Rizki memulai dengan membuat video lucu bersama keluarganya yang diunggah di media sosial. Video-video tersebut cepat mendapat perhatian dan menjadi viral. Dalam waktu singkat, ia menjadi seorang influencer yang dikenal banyak orang.

"Bukan video lucu aja, tapi juga kami buat konten yang berkaitan dengan lifestyle dan vlog. Ini mengasah keahlian dalam berbagai hal untuk membuat konten yang berkualitas dan menarik," ungkap Rizki.

Sementara, Raymond Zhou menuturkan, dengan adanya RBcorp, konten kreator bisa memperkuat personal branding mereka dan memanfaatkan fasilitas studio dan kru yang disediakan untuk mempublikasikan karya mereka. Ini pastinya akan membantu dalam meningkatkan visibilitas dan eksposur mereka.

"Hingga saat ini, sudah ada 200 konten RBcorp, kita promosikan brand yang akan dituju, mau jadi selebgram konten kreator atau mau jadi animasi, itu bisa dipilih," ungkapnya.

"Untuk kegiatan sosial, tiap minggu kita akan berganti tempat dan tema. Sebelumnya, ada pembagian nasi kotak untuk tiga panti asuhan di Batam. Kami juga mengajak masyarakat atau komunitas untuk bersama-sama dalam kegiatan berbagai, kalau kegiatan ini kita publikasi, bukan berarti kita pamer. Namun lebih kepada ajakan buat teman-teman kreator lainnya, agar semakin banyak masyarakat yang bisa merasakan manfaatnya," tutup Raymond.

Editor: Yudha