Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TNI AL Ringkus 3 Pencuri Mesin Kapal di Perairan Pulau Panjang
Oleh : Putra Gema
Selasa | 07-02-2023 | 13:40 WIB
curi-mesin-kapal.jpg Honda-Batam
Tiga tersangka pencuri mesin kapal di Periaran Pulau Panjang, Kota Batam, yang ditangkap TNI AL, Selasa (7/2/2023) dini hari. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Prajurit TNI Angkatan Laut (AL) berhasil menangkap tiga orang pelaku diduga melakukan aksi pencurian mesin kapal tempel di Pulau Panjang, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (07/02/2023).

Aksi pencurian tersebut digagalkan setelah sebelumnya terjadi kejar-kejaran oleh Babinpotmar Pulau Panjang Posal Galang, Lantamal IV Batam, Peltu Ridwan bersama anggota lainnya yang melihat dua kapal dari arah Pulau Jaloh menuju Pulau Judah secara beriringan.

"Kami sedang melaksanakan patroli sekitar pukul 01.35 WIB. Pada saat itu, ada gelagat kapal boat yang mencurigakan, hingga dilakukan upaya pencegatan. Namun, saat akan diadang satu kapal berusaha melarikan diri dengan kecepatan penuh. Kami langsung melakukan pengejaran dan berusaha menghentikan kapal tersebut, tetapi kapalnya tersebut tidak mau berhenti," kata Anggota TNI AL Babinpotmar Pulau Panjang, Peltu Ridwan.

Melihat hal itu, pihaknya lalu melakukan tindakan dengan memotong haluan kapal dan seketika kapalnya langsung berhenti dan ditemukan terdapat mesin 15 PK di dalam kapal.

"Usai mengamankan kapal pertama, kami melakukan pengejaran terhadap 1 boat lagi yang melarikan diri dan akhirnya dalam waktu singkat juga berhasil ditangkap," ujarnya.

Lanjut Ridwan, dari tangan pelaku, Babinpotmar Pulau Panjang berhasil mengamankan satu mesin kapal curian, beserta dua kapal 40 PK yang digunakan pelaku melancarkan aksinya. "Guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ketiga pelaku digelandang ke Kantor Polisi Militer Lantamal IV Batam," tutupnya.

Editor: Gokli