Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Si Jago Merah Hanguskan Puluhan Rumah di Muara Takus
Oleh : dodo
Selasa | 21-08-2012 | 11:49 WIB

BATAM, batamtoday - Suasana pagi buta di sebuah permukiman Jalan Muara Takus RT 02/RW 03, Kelurahan Seraya, Kecamatan Batu Ampar tiba-tiba gempar. Jerit tangis dan teriakan minta tolong membahana setelah api mengamuk dan meluluhlantakkan puluhan rumah di kawasan tersebut pada Selasa (21/8/2012) sekitar pukul 05.30 WIB.


Api yang belum diketahui asalnya tersebut, dengan cepat menjalar dan menghanguskan puluhan rumah semi permanen yang terbuat dari kayu itu. Seorang bocah bernama Seila (10), diketahui tewas dalam kebakaran memilukan ini.

Saksi mata, Mahyuddin (50) warga setempat menyebutkan Seila tewas saat tertidur pulas dan ditinggalkan ibunya pergi ke warung untuk membeli sesuatu.

"Ibunya ke warung dan bapaknya sedang bekerja di kapal," kata Mahyuddin tanpa menyebutkan nama orang tua Seila.

Mahyuddin menyebutkan sekitar 50 menit lamanya, api merajalela seolah sulit untuk ditundukkan. Dia menyebut awak pemadam kebakaran baru tiba sekitar 30 menit si jago merah mengamuk.

Tak banyak warga yang sempat menyelamatkan harta bendanya. Maklum, semua dalam kondisi kelelahan usai merayakan Idul Fitri yang baru saja dirayakan dua hari kemarin. Tak sedikit rumah yang terbakar diketahui dalam keadaan kosong lantaran ditinggal pemiliknya pulang kampung.

Selain puluhan rumah, diketahui sebanyak tujuh unit sepeda motor milik warga juga ikut terbakar.

"Yang penting kami selamatkan diri dulu," ujar Mahyuddin.

Kapolsek Batu Ampar Kompol Zainal Abidin menyebut ada sekitar limapuluh unit rumah lebih yang terbakar dan satu orang tewas dalam kebakaran ini.

"Penyebab kebakaran masih kami selidiki," ujarnya.