Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Komite Sekolah Jadi Pelaksana Proyek DAK di SMAN 1 dan SMKN 1 Bintan Timur
Oleh : Asyri
Senin | 16-01-2023 | 17:40 WIB
proyek_DAK-di-SMAN-1-bintan-01.jpg Honda-Batam
Pembangunan ruang kelas yang dikerjakan swakelola oleh Komite Sekolah. (Asyri/BTD)

BATAMTODAY.COM, Bintan - SMA Negeri 1 dan SMK Negeri 1 di Bintan Timur, Kabupaten Bintan, mendapatkan alokasi DAK tahun 2022 untuk pelaksanaan pengadaan barang melalui swakelola yang dikerjakan oleh Komite Sekolah itu sendiri.

Pantauan di lapangan, tampak bangunan yang berasal dari dana DAK tahun 2022 di Disdik Kepri tersebut sudah selesai dikerjakan secara keseluruhan.

Diketahui, SMAN 1 Bintan Timur mendapatkan bangunan gedung UKS dan dua unit rumah guru dengan pagu anggaran lebih dari Rp 600 juta yang pengerjaanya dilaksanakan komite sekolah.

Sementara di SMKN 1 Bintan Timur telah selesai dikerjakan 4 ruang kelas baru dengan pagu anggaran sekitar Rp 1,29 miliar dan bangunan Ruang Praktek Siswa RPD dengan pagu anggaran sekitar Rp 1,2 miliar.

Kepala Sekolah SMAN 1 Bintan Timur, Matelia, mengatakan, pelaksanaan pekerjaan pengadaan tersebut dilaksanakan oleh pihak komite sekolah sesuai MoU dengan Disdik Kepri.

"Kami pihak sekolah tidak ada ikut campur dengan pekerjaan tersebut," ujar Kepsek, Senin (16/1/2023).

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Sekretaris Komite Sekolah SMA 1 Bintan Timur, Herbert.

"Memang betul pelaksanaan pembangunan UKS dan dua unit rumah guru tersebut dikerjakan oleh komite sekolah, yang sudah selesai sesuai dengan RAB-nya," terangnya saat dihubungi melalui ponselnya.

Sementara itu, Haryono --bagian sarana dan prasarana di SMK 1 Bintan Timur, mengatakan, bangunan dua tingkat dengan 4 lokal dan bangunan ruang praktek siswa juga dikerjakan oleh komite sekolah.

"Dua bangunan ini dilaksanakan pekerjaannya oleh komite sekolah melalui pelaksanaan swakelola DAK dari Disdik Kepri tahun 2022," jelas Haryono.

Kepala Dinas Pendidikan Kepri, Andi Agung saat dikonfirmasi melalui seluler menjelaskan bahwa pengadaan DAK di Disdik Kepri 2022 dilaksanakan melalui swakelola, dan dilaksanakan oleh kelompok masyarakat yang termasuk komite sekolah.

"Untuk pengadaan DAK tahun 2022 di Disdik Kepri sebelum saya menjabat sudah diputuskan dilaksanakan melalui swakelola, sehingga pelaksanaan tersebut dilaksanakan oleh komite sekolah," pungkasnya.

Editor: Yudha