Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dikelola BUP Karimun, Bupati Aunur Rafiq Resmikan Hotel Tanjung Gelam
Oleh : Freddy
Senin | 16-01-2023 | 14:08 WIB
Hotel-Tanjung-Gelam.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Bupati Karimun, Aunur Rafiq meneken prasasti peresmian Hotel Tanjung Gelam yang dikelola BUP Karimun, Senin (16/1/2023). (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bupati Aunur Rafiq meresmikan Hotel Tanjung Gelam yang terletak di Kawasan Pelabuhan Rakyat Sri Tanjung Gelam, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Senin (16/1/2023).

Peresmian Hotel yang dikelola Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Karimun dilakukan dengan penandatanganan prasasti dan dilanjutkan dengan pemotongan pita di depan pintu masuk kamar 208 oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Aunur Rafiq menyampaikan, berdirinya Hotel Tanjung Gelam tentunya sudah melalui berbagai tahapan dan proses. "Pelabuhan Rakyat Sri Tanjung Gelam saat ini sudah memiliki Hotel yang sementara ini dinamakan Hotel Tanjung Gelam," ujar Aunur Rafiq.

Ia menjelaskan, pada tahun 2022 kemarin, sudah dilakukan pembahasan melalui suatu proses Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan diputuskan pada tahun 2022 untuk menyelesaikan pembangunan Hotel Tanjung Gelam. Hotel tersebut ingin diselesaikan pembangunannya pada saat BUP dipegang direktur yang lama, tetapi belum bisa direalisasikan karena terjadinya pandemi Covid-19 pada saat itu dan anggaran yang sudah tersedia terpaksa diperuntukkan untuk penanganan pandemi.

Lanjutnya, meskipun agak sedikit lama untuk menyelesaikan pembangunan hotel tersebut, tetapi hal ini pasti ada hikmahnya, sebab jika dipaksakan pada tahun tersebut tentunya akan berdampak pada pekerja hotel tersebut.

"Alhamdulillah, sekarang ini sudah ada 14 kamar yang bisa dioperasikan dan tahun depan kalau ada anggaran lagi akan disiapkan 16 kamar lagi di lantai atas, sehingga total kamar Hotel Tanjung Gelam mencapai 30 kamar," jelas Aunur Rafiq.

Dikatakannya, untuk menyelesaikan pembangunan hotel ini tentunya selain menggunakan dana cadangan yang masih ada juga dilakukan kerja sama dengan Bank Riau Kepri Syariah.

Pada kesempatan tersebut, Aunur Rafiq mengulas tentang sejarah mulai berdirinya pelabuhan rakyat yang sekarang ini dinamakan Pelabuhan Sri Tanjung Gelam, yang awalnya disebut Pelabuhan Boom Panjang dan kemudian dikenal dengan pelabuhan KPK.

"Pembangunan pelabuhan ini dimulai pada saat kepemimpinan H Muhammad Sani sebagai Bupati Karimun dan dilanjutkan lagi pada masa kepemimpinan Bupati Nurdin Basirun dan alhamdulillah sekarang ini Hotel Tanjung Gelam sudah diresmikan," jelasnya.

Disampaikan Aunur Rafiq, dari 14 kamar yang dimiliki Hotel Tanjung Gelam sekarang ini, 6 kamar sudah dikontrak Pemkab Karimun sebagai rumah singgah bagi masyarakat pulau yang membutuhkan untuk menginap.

"Saya minta juga kepada OPD-OPD yang ada di lingkungan Pemkab Karimun, khususnya Dinas PMD jika ada kegiatan bisa menyewa meeting room di Hotel Tanjung Gelam ini dan sekaligus warga dari pulau yang ikut kegiatan bisa diinapkan langsung di Hotel Tanjung Gelam ini," tandasnya.

Sementara Direktur Utama BUP Karimun, Yuwono, menyampaikan Hotel Tanjung Gelam saat ini ditunjang berbagai fasilitas lainya, seperti meeting room yang bisa muat 150 orang, kamar yang nyaman dan bersih dan harga kamar yang cukup terjangkau.

Lanjut Yuwono, meskipun masih banyak kekurangan, tetapi paling tidak dengan adanya Hotel Tanjung Gelam tersebut tentunya ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan BUP Karimun untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

"Selain membuka lapangan pekerjaan tentunya akan memberikan tambahan bagi pemasukan kas daerah karena Hotel Tanjung Gelam ini milik Pemkab Karimun yang dikelola Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Karimun," kata dia.

Hadir dalam acara grand opening Hotel Tanjung Gelam, di antaranya Wakil Bupati, Anwar Hasyim; Ketua DPRD MYusup Sirat; Ketua Komisi II Raja Rafiza; Kapolsek KKP, Iptu Adhe Putra; Asisten II Abdullah; Perwakilan KSOP, PHRI dan keagenan kapal.

Editor: Gokli