Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wamenhub Batasi Komentar Soal Kasus Harbour Bay
Oleh : ali/dd
Selasa | 14-08-2012 | 15:47 WIB
wamenhub-bambang.gif Honda-Batam
Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono.

BATAM, batamtoday - Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, tidak mau berkomentar banyak pada saat disinggung tentang Pelabuhan Harbour Bay di Batam dalam kunjungannya meninjau kesiapan pengelola transportasi menyambut arus mudik Lebaran 1433 Hijriah.


Menurutnya, dirinya tidak mengikuti kasus Pelabuhan Harbour Bay yang sedang dalam penyidikan pihak terkait dan hal itu tidak termasuk dalam agenda kunjungannya kali ini.

"Saya harus pelajari dulu itu, karena itu tidak masuk dalam cakupan yang saya lihat hari ini. Jadi kalau saya jawab sekarang, nanti saya malah salah," kata Bambang di Pelabuhan Telaga Punggur, Selasa (14/8/2012).

Disinggung rencana kunjungan RI I ke Pelabuhan Harbour Bay dalam waktu dekat, Wamenhub mengaku bahwa pihaknya belum dapat memastikan akan memberikan masukan atau tidak kepada SBY terkait rencana kunjungan tersebut.

"Nanti akan kita lihat duduk permasalahannya seperti apa. Tentu nantinya pada saat kunjungan atau penyelesaian masalah itu, harus kita carikan penyelesaian sesuai perundang-undangan yang berlaku. Cuma saya tidak bisa menjawab karena tidak mengerti secara detail perkembangan terakhirnya seperti apa, kalau saya jawab takutnya salah," ujar Bambang Susantono kembali.

Diketahui, pelabuhan Harbour Bay menyalahi aturan perizinan pelabuhan yakni dari pelabuhan khusus namun pada prakteknya digunakan untuk pelabuhan umum. Hingga kini, permasalahan tersebut belum juga ada titik terang dan ketegasan dari aparat penegak hukum yang mengusut kasus yang telah menyeret Jong Hua sebagai tersangka.

Hal ini, juga menjadi perhatian Komisi III DPR RI saat melakukan raker di Batam beberapa waktu lalu.