Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Festival Gasing dan Jong Jadi Permainan Rakyat Primadona di Bintan
Oleh : Harjo
Senin | 19-12-2022 | 11:20 WIB
lomba_perahu-jong-teluk-bakau-bintan-01.jpg Honda-Batam
Lomba Jong di Teluk Bakau Bintan

BARAMTODAY.COM, Bintan - Lomba Jong atau perahu layar tanpa awak, yang dikenal dengan Jong Race kembali menyita perhatian masyarakat yang memadati pesisir pantai area ex Gedung MTQ Teluk Bakau Bintan.

Puluhan peserta dari berbagai wilayah Bintan dan Tanjungpinang membawa jong, dengan layar khas berwarna yang menyajikan keindahan tersendiri. Festival permainan rakyat menjadi rangkaian terakhir dari peringatan Hari Jadi Bintan ke-74, yang menambah semaraknya kegiatan budaya.

Sementara untuk lomba gasing, para pemain dari kategori anak-anak dan dewasa terlihat dengan mantap memutar serta 'memangkah' gasing lawan. Permainan tradisional satu ini memang sangat menghibur, di samping juga sebagai ajang silahturahmi dan pelestarian budaya.

Bupati Bintan yang diwakili Pj Sekda Ronny Kartika, menyampaikan, bahwa event ini bukan sekedar hiburan, namun fokusnya bagaimana menumbuhkan kembali pengenalan dan kecintaan generasi muda terhadap permainan-permainan tradisional yang sangat terkenal dulunya.

"Event ini akan coba kita laksanakan secara rutin sebagai event tahunan. Harapannya selain ajang mempererat kebersamaan, juga melestarikan dan mengenalkan kembali kekayaan dan peninggalan budaya," ungkap Ronny, Minggu (18/12/2022).

Festival permainan rakyat ini sudah dimulai pada Sabtu malam, dengan penampilan makyong, joget dangkong dan tari kreasi. Selain jong dan gasing, juga digelar perlombaan berbalas pantun mulai dari kategori anak-anak hingga dewasa.