Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Internasional Soccer Batam Cup 2022 Sukses Digelar, Dua Club Asal Medan Sabet Juara I
Oleh : Aldy Daeng
Minggu | 18-12-2022 | 15:32 WIB
soccer_itrenasional_batam.jpg Honda-Batam
Dua club asal Medan tampil sebagai juara dua kategori kelompok umur internasional Soccer Batam Cup 2022 (Foto: Aldy Daeng)

BATAMTODAY.COM, Batam - Event Sport Turism Internasional Soccer Batam Cup 2022 yang berlangsung dari 12-17 Desember 2022 sukses digelar. PSMS Medan Merah meraih juara pertama dan berhasil mengangkat trofi untuk kelas U-15.

Kompetisi sepak bola internasional bergengsi yang berlangsung di Stadion Tumenggung Abdul Jamal, Batam tersebut terdiri dari dua kategori, yakni kelompok umur 12 (U-12) dan kelompok umur 15 (U-15) dari berbagai daerah dan negara tetangga Malaysia.

Untuk U-15 champions diraih oleh PSMS Medan Merah. Kemenangan itu diraih PSMS Medan Merah setelah berhasil menyingkirkan Progress Plus FA Batam, yakni dengan skor 1-0. Sementara untuk U-12 champions disabet oleh SSB Kompas dari Sumatera Utara.

Pelatih PSMS, Haposan Siregar mengatakan, dia sangat senang dapat memenangkan Internasional Soccer Batam Cup 2022 untuk U-15. Diakuinya bahwa, panitia pelaksanaan dalam menyelenggarakan pertandingan itu sangat baik dan luar biasa.

"Pada pertandingan ini PSMS sengaja datang dengan 2 tim. Harapan kami kedepannya pelaksanaannya terus semakin baik, insyaallah pada pertandingan selanjutnya, PSMS akan datang lagi," kata Haposan.

Direktur Utama PT Cakra Bramastra Internasional, Surya Wijaya, selaku ketua pelaksana Internasional Soccer Batam Cup 2022 mengucapkan terimakasih kepada seluruh pendukung, sponsor dan stakeholder yang telah ikut menyukseskan pertandingan tersebut.

"Alhamdulillah event ini berjalan lancar, terimakasih kepada Kadispora Kota Batam dan Kadispora Provinsi Kepri atas dukungannya. Event ini akan kita jadikan event tahunan dan tahun depan kita selenggarakan dengan yang lebih bagus dan meriah lagi," kata Surya.

Disebutkan Surya, Internasional Soccer Batam Cup 2020 U-12 dan U-15 itu diikuti oleh 40 tim, diantaranya adalah 16 tim dari Malaysia, Batam 12 tim, dari Sumatera 10 tim.

Menurutnya, cara yang efektif untuk mendatangkan wisatawan ke Batam salah satunya adalah dengan cara event sport turism. Pada Internasional Soccer Batam Cup 2022 tidak hanya bercerita tentang sport turismnya, namun bagaimana untuk membuka mata stakeholder terkait tentang sepak bola.

"Dimana sepak bola di daerah lain cukup maju dibandingkan dengan kita Batam, terutama adalah dari segi kualitas pemainnya dan ini harus segera ditingkatkan," kata ketua Asosiasi Pariwisata Bahari Indonesia (Aspabri) tersebut.

Kedepan, sambung Surya, kegiatan-kegiatan bergengsi dan mendatang wisatwan dari berbagai daerah dan luar negeri itu terus mendapat dukungan dari pemerintah, sebab membuat event sport turism itu tidak mudah, mendatangkan orang dengan sebuah event itu tidak gampang.

"Efek dari kegiatan ini dirasakan oleh para pelaku pariwisata, seperti hunian hotel, UMKM dan jasa angkutan. Pada event ini khusus untuk hunian hotel ada 1.200 kamar yang terjual, ini lumayan untuk menambah hunian yang ada di Batam," pungkasnya.

Editor: Surya