Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ketua DPR Buka Pameran Lukisan Perjalanan Budaya Nusantara
Oleh : si
Senin | 13-08-2012 | 16:35 WIB

JAKARTA, batamtoday - Ketua DPR Marzuki Alie membuka pameran lukisan di Gedung DPR RI, Pameran ini bertujuan untuk melestarikan serta memperkenalkan seni lukis di Indonesia sebagai salah satu aset budaya yang luhur.


"Sejarah seni lukis di bumi Nusantara juga memperlihatkan rangkaian perjalanan budaya penduduk nusantara yang khas, sesuai dengan karakter daerah masing-masing, seperti lukisan Bali dan lukisan daerah lainnya," ujar Ketua DPR Marzuki Alie saat membuka pameran lukisan bertajuk “Gelar Pesona Seni Lukis Indonesia, di Gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Senin (13/8/2012).

Menurutnya, seni lukis modern di Indonesia dipengaruhi oleh masuknya penjajahan Belanda, nama-nama pelukis seperti Raden Saleh, S.Soedjono, Djoko Pekik, Basuki Abdullah, dan lain-lain yang pernah menghiasi pentas seni lukis Internasional, kata Marzuki Alie.

Marzuli Alie mengemukakan, bahwa cerita sukses mereka perlahan surut seiring dengan rendahnya minat dan perhatian kita terhadap perkembangan seni lukis di tanah air.

Dia menegaskan, karya-karya yang kita lihat pada pameran hari ini, adalah merupakan visualisasi, konsep, dan penempatan tata letak setiap karya-karyanya, adalah aktualisasi dari para seniman lukis menjadi olah kreatifitas eksperimental atau ekspresi jiwa, yamg ditransformasikan dalam obyek seni maupun lukisan konteporen.

Ekplorasi yang dikembangkan mempertemukan corak surealis, impresionis, abstrak dan realis, kedalam media kanvas, dan benda seni lain, sehingga, pencapaian artistik karya-karya berada pada trans-spiritual.

Ketua DPR Marzuki Alie berharap, mudah-mudahan kreativitas ini tidak tergusur oleh kepentingan “pasar seni” yang biasanya dikuasai pedagang seni, seperti galeri komersial, kurator, dan sebagainya, sehingga membuka cakrawala baru dalam memperluas ruang rupa publik seni, terutama kepada publik di DPR-RI.

Marzuki Alie juga menambahkan, bahwa program yang mempertaruhkan pencapaian dan gagasan baru seorang pelukis ini, diharapkan mampu menjadi oase yang menyegarkan, bahkan, mampu memperkaya ekspresi seni di Indonesia.

Sementara itu ketua Asosiasi Seni Lukis Indonesia Sembilang Sutan mengatakan, bahwa dirinya yang mewakili rekan-rekan pelukis sangat bersyukur sekali apa yang dicita-citakan selama ini untuk menyelenggarakan pameran lukisan di Gedung DPR ini akhirnya dapat terwujud.

Sembilang Sutan juga mengemukakan, dengan tercapainya dan terlaksana pameran seni lukis di Gedung DPR  yang selama ini dicita-citakan ternyata bukan lah sebuah mimpi, dan ini terbukti dengan adanya penyelenggaraan pameran lukisan dengan tema Gelar pesona Lukis Indonesia 2012 dan dibuka oleh Ketua DPR Marzuki Alie ini merupakan suatu penghargaan bagi para pelukis, kemudian akan dijadikan agenda tahunan.