Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nuzulul Quran dan Safari Ramadhan Gubernur Kepri

Fikri Tekankan Pentingnya Empat Pilar Kemajuan Daerah
Oleh : hrj/dd
Senin | 13-08-2012 | 14:14 WIB
fikri_haikal.jpg Honda-Batam
Fikri Haikal Zainuddin MZ

TANJUNGUBAN, batamtoday - Peringatan Nuzul Al-Qur'an di Bintan Utara,  disejalankan dengan Safari Ramadhan Gubernur Kepri dan Bupati Bintan yang diawali dengan buka bersama, shalat maghrib, makan malam, shalat Isya' dan Taraweh, dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Fikri Haikal Zainuddin MZ.


Dalam tausyiahnya, Fikri Haikal Zainuddin MZ mengatakan kalau bangsa atau daerah ingin maju harus mempunyai empat pilar. Hal ini disampaikannya pada peringatan Nuzul Al-Qur'an di Masjid Besar Baitul Makmur Tanjunguban, Sabtu (11/8).

Kempat pilar tersebut yang pertama kata Fikri, ulama. Ulama diibaratkan seperti harimau yang menjaga hutan. Hutannya adalah umat/masyarakat. Ulama dengan umat tidak boleh terpisah. 

"Ulama membentengi umat. Salah satunya membentengi umat dari berkembangnya aliran sesat," terangnya.

Pilar kedua,  pemerintahan/pemimpin berkeadilan. Kualitas pemimpin terletak pada keadilan terhadap rakyatnya. Tidak membeda-bedakan, semua dinaunginya, walaupun berbeda pandangan dengannya. Bahkan walaupun ia lawan politiknya. 

"Kualitas pemimpin terletak pada keadilannya. Berbeda dengan sapi yang kualitasnya terletak pada gemuk badannya. Atau perkutut yang terletak pada suara atau kicauannya," paparnya.

Sedangkan pilar ketiga, orang kaya yang dermawan. Orang shalih yang dermawan tempatnya adalah sorga. Karena banyaknya orang bergantung kepada orang dermawan, sehingga posisinya sangat berjasa dalam keberlangsungan kehidupan umat.

Terakhir katanya, masyarakat atau umat yang saling  mengasihi, menyayangi, menyantuni fakir miskin. Karena do'a-do'a fakir miskin, yatim piatu langsung didengar oleh Allah."Do'a mereka tidak berhijab, membuat arasy bergoyang. Masyarakat/umat hendaklah meningkatkan kepekaan sosial," tutup Fikri.