Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gagal di Piala Dunia 2022, Luis Enrique Resmi Didepak dari Kursi Pelatih Timnas Spanyol
Oleh : Redaksi
Kamis | 08-12-2022 | 19:12 WIB
luis-enrique1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Luis Enrique didepak dari kursi pelatih Timnas Spanyol.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Luis Enrique resmi dipecat dari jabatan pelatih setelah Spanyol tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Spanyol terpaksa pulang kampung usai kalah lewat drama adu penalti dari Maroko. Tim Matador dipaksa menyerah 0-3 dalam babak tos-tosan di Stadion Education City, Selasa (6/12/2022).

Seluruh algojo penalti Spanyol gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Tiga penendang dari La Furia Roja berhasil dimentahkan kiper Maroko Yassine Bounou yang tampil impresif.

Hasil BWF World Tour Finals: Lolos dari 2 Match Point, Jonatan Menang
Ketiga eksekutor penalti Spanyol adalah Pablo Sarabia, Carlos Soler, dan Sergio Busquets.

Selepas pertandingan, Enrique menyebut skuad arahannya sudah tampil baik mendominasi pertandingan. Kekalahan di lapangan sepenuhnya adalah tanggung jawab pelatih.

"RFEF ingin berterima kasih kepada Luis Enrique dan seluruh staf pelatih yang memimpin tim nasional dalam beberapa tahun terakhir," tulis RFF.

Enrique ditunjuk menangani timnas Spanyol sejak 2018. Ia dianggap sukses melakukan regenerasi dan berani mengandalkan sejumlah pemain muda berbakat.

Di tangan Enrique, Spanyol yang dihuni banyak pemain muda mencapai semifinal Euro 2020. Namun, ia dibanjiri kritik karena meninggalkan sejumlah pemain senior termasuk David De Gea dan Sergio Ramos di Piala Dunia 2022.

Kritik tersebut berlanjut usai Spanyol kalah dari Maroko di babak 16 besar. Netizen pun menyebut biang kegagalan Spanyol karena keputusan Enrique meninggalkan De Gea dan Ramos.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha