Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sempat Terjadi Beberapa Kali Ledakan

Mobil Pickup Bermuatan Baterai Scrub Hangus Terbakar di Depan Hotel Kaliban Batam Center
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 06-12-2022 | 17:56 WIB
mobil-terbakar12.jpg Honda-Batam
Petugas berhasil memadamkan kebakaran mobil pick up di jalan raya depan Hotel Kaliban Batam Center. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Satu unit pickup warna biru nomor polisi BP 8059 Y bermuatan baterai scrub terbakar di Jalan Raja Isa, depan Hotel Kaliban, Batam Center, Selasa (6/12/2022) sekira pukul 17.00 WIB.

Berdasarkan pantauan BATAMTODAY.COM, kejadian tersebut tepatnya di jalur Simpang Kaliban menuju ke Simpang Bank Indonesia. Terdengar beberapa kali ledakan dan bunga api. Serpihan-serpihan baterai juga berterbangan di sekitar lokasi.

Tampak tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Pemko Batam berjibaku memadamkan api yang membakar hangus mobil pickup tersebut.

Sempat terjadi kemacetan lalu lintas akibat terbakarnya mobil bermuatan baterai scrub --yang dimuat dari penampung di kawasan Batuaji dan adan akan dibawa ke kawasan Botania, BatamCenter. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Waktu kami muat, tadi baterai tersebut sudah panas. Saya bilang sama orang toko scrub, ini ko panas? Mereka bilang tidak apa-apa, jadi saya lanjut," ujar Fahri, supir pickup naas tersebut.

Fahri melanjutkan, baterai yang dimuat dari toko Baru Srub itu juga cukup banyak, berkisar 1,6 ton, dengan harga dari penampung scrup Rp 4500 per kilogram.

"Dalam perjalanan tadi juga tambah panas batarai itu, saya tanya kawan yang menemani saya yang juga sebagai pemilik mobil, tidak apa-apa. Terahir ada ledakan, jadi kami langsung keluar, kami tidak ada yang terluka," kata Fahri, yang juga sebagai pemilik baterai.

Sementara, Kanit PJR Polresta Barelang, Iptu Eva Rusia SH mengatakan, kejadian tersebut bertepatan dengan suasana kepadatan kendaraan di Simpang Kaliban menuju Simpang Bank Indonesia. Pihaknya sudah mencurigai pickup yang sarat muatan itu ada masalah, karena tiba-tiba mengalami perlambatan.

"Dari keterangan supir, muatan baterai tersebut ada mengalami panas, sehingga menyebabkan mobil terbakar. Untuk pemeriksaan selanjutnya, mobil dan supir kita serahkan ke Polsek Batam kota," ujar Eva Rusia.

Editor: Yudha