Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PKKMB 2024, Gubernur Ansar Beri Motivasi Mahasiswa Baru Ibnu Sina
Oleh : Redaksi
Selasa | 10-09-2024 | 16:44 WIB
Ansar-Ibnu-sina11.jpg Honda-Batam
Gubernur Ansar Memberi Motivasi Mahasiswa Baru Ibnu Sina. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menghadiri acara pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) 2024 di Universitas Ibnu Sina (UIS) Kota Batam pada Sabtu (7/9/2024).

Pada acara PKKMB yang mengusung tema 'Bersama Ibnu Sina Membangun Masa Depan" dihadiri oleh sebanyak 1.128 mahasiswa baru S1 yang tergabung ke 10 program studi yang terdapat di UIS.

Pada acara tersebut, Gubernur Ansar memberikan motivasi kepada mahasiswa tentang betapa sumber daya manusia sangat mempengaruhi dan akan menjadi penentu kemajuan negara di masa yang akan datang.

"Di era digitalisasi sekarang ini, negara-negara tidak lagi hanya berkompetisi dengan kekuatan tetapi juga dengan ilmu pengetahuan. Maka kita harus menyelaraskan antara kemajuan pengetahuan dan teknologi dengan dibarengi dengan kemampuan manusianya, agar bonus demografi dapat kita manfaatkan dengan baik dan tidak menjadi bencana demografi," ujarnya.

Gubernur Ansar mengutip kata-kata Nelson Mandela, 'pendidikan adalah senjata yang sangat mematikan di dunia, karena dengan pendidikan kamu dapat merubah dunia', yang juga selaras dengan misi Pemerintahan Provinsi Kepri yaitu 'mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang berkualitas, sehat dan berdaya saing dan berbasiskan imam dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa'.

Gubernur juga menyampaikan kepadamMahasiswa Universitas Ibnu Sina bahwa mereka adalah bibit-bibit unggul kebanggaan Kepri yang akan mampu bersaing menjadi sumber daya manusia yang unggul dan menjadi tuan di negeri sendiri.

"Untuk itu pemerintah provinsi sudah menganggarkan sebanyak 23 persen APBD Kepri untuk bidang pendidikan, antara lain dengan cara penggratisan SPP untuk siswa SMA dan pemberian bantuan beasiswa untuk para mahasiswa Kepri yang sedang menempuh pendidikan D3 dan S1. Hal ini demi mendukung para mahasiswa agar bersungguh-sungguh dalam menimba ilmu sehingga akan menjadi agen-agen perubahan yang membawa Kepri berubah menuju ke arah yang lebih baik dan lebih maju di masa depan," ungkap Gubernur Ansar.

Tak lupa, Gubernur Ansar juga turut menyampaikan sedikit program strategis yang telah dilakukan dan akan dilakukan pemerintah Provinsi Kepri di berbagi bidang. Seperti Bantuan modal usaha untuk UMKM dengan bunga 0%, program Kepri Terang yaitu pengadaan pasokan listrik kepada masyarakat-masyarakat di pulau terluar, bantuan BPJS Ketenagakerjaan untuk 46.000 masyarakat nelayan, pembangunan rumah singgah di Jakarta dan Batam dan juga bantuan Seragam dan SPP Gratis untuk siswa/siswi yang bersekolah di sekolah naungan Provinsi Kepri.

"Semua hal ini dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi untuk dipersembahkan bagi masyarakat Kepri, dan hal ini wajib disebarluaskan agar dapat diketahui, dirasakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat Kepri," tutupnya.

Tampak Tim Percepatan Pembangunan, Pejabat Fungsional Utama, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Perkim, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Yayasan Pendidikan Ibnu Sina, Rektor Universitas Ibnu Sina Dr. Ir. Larisang, MT., IPU, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Dosen dan Mahasiswa Baru Universitas Ibnu Sina turut hadir pada acara tersebut.

Editor: Yudha