Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lanal TBK Gelar Pelatihan Menembak Bersama Petugas Rutan Karimun di Pasir Panjang
Oleh : Freddy
Jum\'at | 25-11-2022 | 11:16 WIB
latihan-tembak-TBK.jpg Honda-Batam
Lanal TBK bersama Petugas Rutan Karimun saat mengasah kemampuan menembak di Lapangan Tembak Yonif Raider Khusus 136/TS Kompi Senapan B, Pasir Panjang, Meral Barat, Rabu - Kamis (23-24/11/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pangkalan TNI AL (Lanal) TBK menggelar latihan menembak bersama petugas Rutan Kelas IIB Karimun di Lapangan Tembak Yonif Raider Khusus 136/TS Kompi Senapan B, Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat, Rabu - Kamis (23-24/11/2022).

Danlanal TBK, Lekol Laut (P) Joko Santosa, menyampaikan latihan itu sengaja digelar agar kemampuan petugas Rutan Karimun semakin meningkat dalam membidik sasaran.

Bahkan, menurut Danlanal TBK, seluruh pihak harus siap jika terjadi pengerahan warga negara dalam rangka mobilisasi umum untuk kepentingan keamanan dan pertahanan negara. "Lakukanlah dengan teknik napas, bidik, tekan, picu lalu peluru menembus sasaran tembak, sasarannya harus tercapai, karena pada saat nanti negara kontijensi, kita melaksanakan mobilisasi umum, mau nggak mau harus turun," kata Letkol Joko Santosa.

Ditambahkan Perwira Staf Operasi (Pasops) Lanal TBK, Kapten Laut (P) Endy Kurniawan, pelatihan tersebut dapat membuat petugas Rutan lebih waspada dalam menghadapi penyelundupan senjata api yang dikhawatirkan akan masuk ke Rutan dengan keadaan yang belum dirakit.

"Selain mengasah pengetahuan menembak, tujuan bongkar pasang senjata terutama untuk pegawai Rutan Karimun adalah mengenal bagian-bagian senjata, sehingga mereka lebih paham bagian-bagiannya. Disinyalir untuk penyelundupan senjata sekarang sudah tidak dalam bentuk utuh, tetapi sudah terpotong-potong. Untuk itu mereka perlu untuk mengetahui tentang bagian bagian senjata tersebut," bebernya.

Pada kesempatan itu, Kepala Rutan Kelas IIB Karimun, Yogi Suhara, sangat berterimakasih atas sinergitas yang terjalin bersama Lanal TBK. "Ini merupakan bentuk sinergitas antara Rutan Karimun dengan Lanal TBK yang telah menambah pengetahuan bagi petugas Rutan dan pengenalan, bongkar pasang dan menembak senjata laras pendek dan panjang," tutup Yogi.

Hadir dalam kegiatan itu, Palaksa Mayor Laut (H) P Panjaitan; Dankal Pelawan Kapten Laut (P) July Prasongko; Pasintel Kapten Laut (E) M Amir Mahmud; Dandenpomal Kapten Laut (PM) Mahatma Adhi Pradana; serta Perwira Staf, Bintara dan Tamtama Lanal TBK.

Editor: Gokli