Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkot Tanjungpinang dan PT Pelindo Multi Terminal Teken Kerja Sama Strategis Pengembangan Kepelabuhan
Oleh : Devi Handani
Rabu | 11-09-2024 | 14:04 WIB
AR-BTD-4034-MoU-Pelabuhan-TPI.jpg Honda-Batam
Penandatanganan Kesepakatan Bersama mengenai Kerja Sama Kegiatan Kepelabuhanan di Kota Tanjungpinang (Foto; Devi Handani)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - PT Pelindo Multi Terminal bersama Pemerintah Kota Tanjungpinang telah menandatangani Kesepakatan Bersama mengenai Kerja Sama Kegiatan Kepelabuhann di Kota Tanjungpinang.

Acara yang berlangsung di Ruang Rapat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tanjungpinang dihadiri berbagai stakeholder terkait, Rabu (11/9/2024).

Penjabat (PJ) Wali kota Tanjungpinang, Andri Rizal, S.E.,M.M., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Direktur Strategi dan Komersial PT Pelindo Multi Terminal Rizki Kurniawan, General Manager PT Pelindo beserta jajaran, serta seluruh undangan yang hadir.

Ia mengungkapkan dukungan positif terhadap komitmen bersama terkait kerjasama kegiatan kepelabuhanan di Kota Tanjungpinang.

Kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat sinergi yang telah terjalin antara PT Pelindo (Persero) Regional I cabang Tanjungpinang dan Pemerintah Kota Tanjungpinang sejak tahun 2023.

"Kerjasama ini penting dalam pengembangan kegiatan kepelabuhanan yang akan memperkuat perekonomian daerah, mengingat Kota Tanjungpinang memiliki potensi besar sebagai pusat aktivitas pelabuhan di wilayah Kepulauan Riau," ungkap Andri Rizal.

Sementara itu, Direktur Strategi dan Komersial PT Pelindo Multi Terminal, Rizki Kurniawan, menjelaskan bahwa kerjasama ini merupakan langkah untuk memperbarui dan memperpanjang kerja sama yang telah terjalin.

Rizki juga menekankan pentingnya dukungan dari berbagai pihak dalam menjadikan Tanjungpinang sebagai pusat kegiatan pelabuhan.

PT Pelindo yang telah di-merger menjadi Pelabuhan Indonesia kini memiliki subholding yang fokus pada berbagai bidang kepelabuhanan.

Ia menyatakan komitmen PT Pelindo untuk membantu Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam memaksimalkan seluruh potensi yang berkaitan dengan aktivitas kepelabuhanan.

"Kami siap memberikan berbagai bentuk dukungan, tidak hanya dalam pemantauan dan peningkatan pelayanan penumpang, tetapi juga dalam semua aspek yang dapat meningkatkan fungsi dan efisiensi pelabuhan.

"Sebagai bagian dari Pelindo yang telah terintegrasi menjadi Pelabuhan Indonesia, kami akan berkontribusi secara maksimal dalam menjadikan Tanjungpinang sebagai pusat kegiatan kepelabuhanan yang strategis di wilayah Kepulauan Riau," Jelas Rizki.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, S.Hut menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kesepakatan ini, Pemerintah Kota Tanjungpinang akan menunjuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Tanjungpinang Makmur Bersama untuk melaksanakan kerjasama tersebut.

Perjanjian Kerja Sama ini akan mengatur secara teknis hak dan kewajiban kedua belah pihak, dengan tujuan memajukan sektor kepelabuhanan di Kota Tanjungpinang.

"Acara penandatanganan ini menjadi tonggak penting dalam penguatan kerjasama antara PT Pelindo Multi Terminal dan Pemerintah Kota Tanjungpinang, dengan harapan memberikan dampak positif bagi pembangunan kota dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," harap Zulhidayat

Editor: Surya