Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anwar Hasyim Buka Kegiatan Pengembangan Potensi Lembaga Kesejahteraan Masyarakat
Oleh : Freddy
Rabu | 23-11-2022 | 19:38 WIB
Kesejahteraan-sosial.jpg Honda-Batam
Wakil Bupati Karimun, H Anwar Hasyim membuka secara resmi kegiatan Peningkatan Kemampuan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial Kelembagaan Masyarakat di Hotel Balai View Karimun, Rabu (23/11/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Wakil Bupati Karimun, H. Anwar Hasyim membuka secara resmi kegiatan Peningkatan Kemampuan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial Kelembagaan Masyarakat di Hotel Balai View Karimun, Rabu (23/11/2022).

Kegiatan yang digelar Dinas Sosial Kabupaten Karimun mengambil tema 'Melalui Peningkatan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial Kita Tingkatkan Pengelolaan Lembaga Kesejahteraan Sosial (KLS) di Kabupaten Karimun'.

Anwar Hasyim menyampaikan, apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Dinas Sosial yang mengadakan kegiatan tersebut. Menurutnya, dalam menjalankan kegiatan perlu suatu konsep yang jelas, sehingga harus diberikan wawasan keilmuan kepada lembaga sosial tersebut.

"Atas nama Pemerintah Daerah mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi -tingginya kepada Dinas Sosial yang mengadakan kegiatan ini," ungkapnya.

Ia juga berpesan kepada LKS yang menjadi peserta pada kegiatan ini, untuk memanfaatkan kegiatan ini dengan seaktif mungkin. "Tanyakan kepada narasumber bagaimana menjadi LKS yang sempurna sebagai pelayan dan pengayom masyarakat yang baik, serta tanyakan juga cara mengatasi kendala-kendala yang dihadapi, sehingga apa yang menjadi kendala di lapangan bisa diatasi," pesannya.

Lanjutnya, LKS yang lembaganya belum mempunyai dasar hukum agar melengkapinya, supaya apabila ada bantuan dapat diberikan karena yang tak ada dasar hukum tak bisa diberikan bantuan.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Karimun, Muhammad Tang, mengatakan, kegiatan tersebut adalah untuk mendorong lembaga kesejahteraan sosial untuk lebih meningkatkan pola pelayanan yang dilakukan, menuju empat pelayanan berstandar programnya, berstandar pemberdayaan sunber daya manusianya, standar menajeman dan berstandar sarana dan prasarananya.

"Atas nama Kepala Dinas Sosial, saya ucapkan terima kasih kepada pengelolah LKS yang sudah membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan soaial kepada masyarakat yang membutukan. Semoga apa yang dilakukan ini menjadi amal ibadah kita semua," kata dia.

Ditambahkan, Kabid Jaminan Perlindungan Sosial yang juga Ketua Panitia, Rizalsyah, kegiatan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengurus agar pengelola PSKS, baik managerial maupun teknis fungsional pelayanan sosial dalam rangka meningkatkan potensi kesejahteraan bagi Lembaga masyarakat khususnya di Kabupaten Karimun.

"Kegiatan ini, kita laksanakan selama dua hari yakni dari tanggal 23 hingga 24 November besok, jumlah peserta 40 orang yang berasal dari Lembaga Sosial Kemasyarakatan di Kabupaten Karimun. Sementara narasumber dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejateraan Sosial ( B2P2KS ) Regional 1 Sumbar dan dari Dinas Sosial Kabupaten Karimun," jelasnya.

Editor: Gokli