Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Tiban McDermott Minta Jalan Lingkungan Diaspal
Oleh : Humas Batam/Dodo
Jum'at | 10-08-2012 | 15:13 WIB

BATAM, batamtoday - Memasuki malam keduapuluh satu Puasa Ramadhan 1433 H, Safari Ramadhan Wakil Wali Kota Batam bersama rombongan Kantor Kementerian Agama Kota Batam dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemerintah Kota Batam dilaksanakan di Masjid Baitussalam, Komplek Tiban Mc Dermott, Kelurahan Tiban Indah Kecamatan Sekupang, pada Kamis (9/8/2012).


Pembina Yayasan Baitussalam yang juga anggota DPRD Batam, H. Musofa mengungkapkan keberadaan Masjid Baitussalam yang menjadi salah satu masjid jami’ yang sering digunakan sebagai tempat acara keagamaan tingkat Kecamatan Sekupang. 

Dikatakan Musofa, Masjid Baitussalam saat ini tengah membangun kubah yang membutuhkan biaya sekitar Rp120 juta. Seiring pelaksanaan Safari Ramadhan ini, pengurus masjid memohon bantuan Pemerintah Kota Batam untuk dapat membatu proses pembangunan masjid. Selain itu, Musofa mewakili masyarakat Tiban McDermott mengucapan terimakasih kepada Pemerintah Kota Batam karena saat ini juga tengah proses pembangunan jalan utamaTiban McDermott sepanjang 1 kilometer yang telah lama diusulkan. Warga berharap, pengaspalan jalan lingkungan Perumahan Tiban McDermott dapat dianggarkan pada tahun 2013 mendatang.  

Menanggapi permohonan masyarakat, Wakil Wali Kota Batam Rudi mengatakan pada dasarnya Pemko Batam akan membangun infrastruktur di seluruh wilayah Kota Batam. Namun karena terbatasnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam sehingga pembangunan dilaksanakan secara bertahap. 

"APBD Batam tahun ini sebesar Rp1,4 triliun, sebagian dari anggaran tersebut digunakan untuk belanja pegawai. Sekitar  55 persen untuk belanja publik dan harus dibagi ke 12 Kecamatan se Kota Batam” kata Rudi.

Rudi menghimbau masyarakat ikut berperan mengawal usulan pembagunan jalan tersebut, baik melalui perwakilan di DPRD maupun melalui acara-acara silaturahmi seperti safari ramadhan ini. Pemko Batam akan terus memperbaiki infrastruktur Batam baik melalui APBD Batam maupun meminta bantuan Provinsi dan Pemerintah Pusat sesuai kewenangan yang telah ditentukan. 

Terkait pembangunan kubah masjid, Wawako mengingatkan kepada seluruh jamaah Masjid Baitussalam bahwa membangun masjid merupakan tanggung jawab seluruh umat. Pemerintah Kota Batam tidak bisa membangun seluluh Masjid dan Musholla di Batam yang berjumlah 900 Masjid/Musholla. Dijelaskan Rudi tahun ini Pemko melalui dana bantuan sosial telah menganggarkan bantuan bagi 300 masjid se Kota Batam dengan jumlah lima juta rupiah.