Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Periksa 69 Sampel Positif, BTKLPP Batam Temukan 20 Kasus Omicron Varian XBB1
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 12-11-2022 | 12:28 WIB
lab-car.jpg Honda-Batam
Laboratorium bergerak milik BTKLPP Batam, untuk mempermudah layanan pemeriksaan virus Covid-19. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam memeriksa 69 sampek positif awal November 2022. Sebanyak 20 sampel di antaranya terdeteksi Omicron varian XBB 1.

"Hasil pemeriksaan PCR yang disekuensing dengan mesin WGS didapatkan Virus Omicron dengan Varian XBB 1 sebanyak 20 sampel, varian BQ 1 sebanyak 4 sampel, varian BN sebanyak 3 sampel, varian BA sebanyak 19 sampel dan unsigned atau tak terdekteksi sebanyak 23 sampel," kata Kepala BTKLPP Batam, Budi Santoso, Sabtu (12/11/2022).

Sampel-sampel yang masuk ini umumnya dari pasien yang sedang dirawat di rumah sakit Batam, Tanjungpinang dan Lingga.

Untuk itu, ke depannya BTKLPP Batam akan terus memantau perkembangan Covid-19 beserta varian secara menyeluruh sebagai upaya antisipasi agar tidak lagi mewabah di Kepri dan Indonesia pada umumnya.

"Kita punya empat alat PCR, dua alat extractor dan satu unit alat WGS. Reagensia kita bisa untuk 4.757 sampel. Reagensia extrasi bisa periksa 5.266 sampel dan reagensia WGS bisa 550 sampel. Intinya kita tetap komit dengan upaya pemberantasan Covid-19 ini," jelas Budi.

Seperti diketahui Covid-19 varian Omicron sub varian XBB telah ditemukan di sejumlah negara dan bahkan disebut jadi biang kerok kenaikan kasus di Singapura. Subvarian Omicron itu memiliki sejumlah gejala yang ditemukan pada pasien. Menurut para ahli, gejala yang disebabkan oleh XBB cenderung ringan, seperti batuk, pilek, dan demam.

Editor: Gokli