Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meningkat 50 Persen

Mudik Lebaran, TKI Padati Pelabuhan Batam Centre
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Kamis | 09-08-2012 | 13:10 WIB

BATAM, batamtoday - Tradisi mudik lebaran sudah menjadi kebiasaan rutin masyarakat Indonesia setiap tahun, tak hanya mereka yang menetap di tanah air tetapi juga dilakukan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di luar negeri, salah satunya yang berasal dari negeri tetangga Malaysia.


Berdasarkan data yang dihimpun batamtoday dari Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Pelabuhan Ferry International Batam Centre, menjelang lebaran 2012 ini, arus mudik TKI dari Johor Bahru, Malaysia meningkat sekitar 50 persen dari hari biasa.

"Menjelang lebaran tahun 2012 ini, arus mudik TKI dari Malaysia ke Batam naik sekitar 50 persen dari hari normal," ujar Kepala Seksi Unit A Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam Centre, Muhammad Wahyuni kepada batamtoday, Kamis (9/8/2012).

Peningkatan arus mudik TKI ini, lanjut Wahyu, terjadi sejak awal Agustus 2012 lalu, dimana dalam sehari ini penumpang dari Malaysia mencapai 1500 orang dan diperkirakan puncak arus mudiknya terjadi pada tanggal 16 Agustus mendatang.

"Di hari biasa total penumpang 800 orang, kini membludak menjadi 1500 penumpang perhari menjelang mudik  lebaran," terangnya.

Wahyu menambahkan, para TKI ini biasanya telah mendapatkan tiket pesawat untuk tujuan daerah masing-masing melalui agen pariwisata mereka.

"Para TKI ini biasanya datang melalui agen pariwisata, dan biasanya pulang naik pesawat dari Batam menuju daerah masing-masing," lanjutnya.

Disinggung batamtoday apakah ada penambahan armada ferry untuk melayani para TKI ini, Wahyu menjelaskan hingga saat ini belum ada penambahan armada kapal yang diajukan oleh pihak agen.

"Dari tiga agen kapal yang ada, belum ada penambahan armada untuk ini. Sebab 17 armada yang ada masih bisa melayani para TKI dengan 22 trip per harinya," pungkas Wahyu.