Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bungkam Soal Besaran Anggaran Event, Panpel Tour de Bintan Dinilai Belum Siap
Oleh : Syajarul Rusydy
Jum\'at | 14-10-2022 | 08:04 WIB
panitia-tour-de-bintan-2022-AR.jpg Honda-Batam
Suasana saat panitia pelaksana Tour de Bintan dengan wartawan. (Foto: Syajarul/BTD)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Semaki mendekati waktu perhelatan event berkelas internasional Tour de Bintan, pihak panitia dari Pemkab Bintan menggelar rapat dengan wartawan. Agendanya, membahas soal teknis penyelenggaraan event, yang saat ini masuk putaran ke 10 tahun ke 4.

Tahun ini, peserta yang terdaftar sebanyak 500 an lebih peserta, dari 33 negara berbeda. "Ada 500 lebih pesrta," beber Kabid pemasaran pariwisata, Muhamad Irzan saat di ruang rapat Mapolres Bintan, Kamis (13/10/2022).

Sayangnya, Irzan enggan memaparkan anggaran yang dikeluarkan Pemkab Bintan. Pasalnya, untuk pembahasan hari ini ia lebih mengedepankan teknis. "Saya belum bisa beberkan, tapi nanti akan saya koordinasikan sama yang lebih berwenang soal ini," kata dia.

Disinggung soal keuntungan Pemkab Bintan dari event tersebut, Irzan juga tidak mejelaskan.

Event sport tourism internasional, Tour de Bintan 2022 ini dipastikan bakal diserbu oleh sejumlah peserta mancanegara. Tercatat, pesepeda dari 33 negara dipastikan ambil bagian dalam Tour de Bintan 2022. Dan saat ini, sejumlah peserta sudah mulai tiba di Kabupaten Bintan.

BACA JUGA: Kapolres Bintan Paparakan Kesiapan Gelaran Event Tour de Bintan

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan, hingga saat ini persiapan event Tour de Bintan 2022 terus dikebut. Event yang dilaksanakan pada tanggal 14 sd 16 Oktober 2022 tersebut dipastikan akan dihadiri atlet pesepeda dari 33 negara.

"Semoga event Tour de Bintan 2022 dapat berjalan dengan lancar, dan tanpa kendala," ujar Roby usai meninjau rute Tuor de Bintan 2022, Rabu (12/10/2022).

Roby Kurniawan juga menyampaikan, dalam pelaksanaan Tour de Bintan 2022 akan melibatkan UMKM untuk berada di lokasi stand-stand bazar yang telah disediakan di sekitar tempat perhelatan dilangsungkan.

"Besok kita akan kerahkan ASN Bintan untuk goro massal di sekitar lokasi. Dan untuk UMKM, Dekranasda Bintan juga akan dilibatkan untuk mengisi stand-stand bazar," tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Arief Sumarsono, menjelaskan, berdasarkan update terakhir yang diterima hingga saat ini, setidaknya ada 835 pendaftar balap sepeda yang akan memeriahkan 5 kategori event sport Tour de Bintan 2022.

Kategori balap sepeda, meliputi Individual Time Trial, Grand Fondo Classic, Grand Fondo Century, Grand Fondo Challenge dan Grand Fondo Discovery.

Dikatakan juga, bahwa atlet dari 33 negara yang akan ambil bagian nantinya, di antaranya Singapura, Indonesia, Australia, Great Britain, Filipina, Jepang, India, Prancis, New Zealand, Amerika Serikat dan lain sebagainya.

"Terlaksananya Tour de Bintan 2022, akan sangat baik bagi dunia pariwisata Bintan. Ini menunjukkan bahwa Bintan sudah sangat siap dalam menyambut kedatangan wisatawan asing," ujarnya.

Editor: Dardani