Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Siapkan Ratusan Armada di Tiga Pelabuhan

Pemudik di Batam Diprediksikan Naik 10 Persen
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Senin | 06-08-2012 | 15:01 WIB

BATAM, batamtoday - Kantor Pelabuhan (Kanpel) Laut Batam memprediksikan jumlah pemudik tahun 2012 di Batam diperkirakan naik sekitar 10 persen dari tahun sebelumnya, yakni diperkirakan mencapai angka 212.482 penumpang.


Demikian dikatakan Pelaksana Harian (PH) Kanpel Laut Batam, Jhon Kenedi kepada batamtoday, Senin (6/8/2012).

"Jumlah pemudik di Batam tahun 2012 diperkirakan mencapai 212.482 penumpang atau naik sebesar 10 persen," ujar Jhon Kenedi.

Guna mengantisipasi lonjakan penumpang di tahun 2012 ini, lanjut Jhon, pihaknya telah menyiapkan sejumlah armada kapal yang disiapkan di tiga titik pelabuhan di Batam, yakni Pelabuhan Domestik Sekupang, Pelabuhan Beton Sekupang dan Pelabuhan Telaga Punggur.

"Di Pelabuhan Beton Sekupang, selain kapal rutin KM Kelud, pihak Pelni telah menyiapkan satu kapal tambahan yakni KM Ceremai untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di Batam," terang Jhon.

Untuk kedua kapal milik Pelni itu diberikan konpensasi 30 persen dari jumlah kapasitas penumpangnya dalam melayani rute Batam - Tanjung Priok dan Batam - Belawan, yang diperkirakan bisa mengangkut penumpang sebanyak 2.652 orang.

"Khusus KM Ceremai akan melayani rute Batam - Karimun - Dumai, guna mengantispasi lonjakan penumpang tujuan Dumai," tambah Jhon.

Sedangkan untuk Pelabuhan Domestik Sekupang, telah dipersiapkan 51 armada kapal untuk mengangkut sebanyak 8.059 per trip dengan tujuan Tanjung Balai Karimun, Dumai, Bengkalis dan Pekanbaru.

Untuk di Pelabuhan Telaga Punggur dipersiapkan sebanyak 50 armada kapal untuk melayani 4.287 per trip dengan tujuan Tanjung Uban, Tanjung Pinang dan Dabo Singkep.

"Khusus ASDP kita telah menyiapkan tiga armada kapal Roro yang bisa mengangkut 867 penumpang," pungkas Jhon Kenedi.