Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Ansar Hadiri Sertijab Kepala BPK Perwakilan Kepri
Oleh : Redaksi
Rabu | 28-09-2022 | 13:00 WIB
Sertijab-Ka-BPK-Kepri.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Gubernur Ansar Ahmad dan Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak saat menghadiri Sertijab Kepala BPK Perwakilan Kepri di Batam, Selasa (27/9/2022). (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur H Ansar Ahmad menghadiri serah terima jabatan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kepri dari pejabat lama Masmudi, kepada pejabat baru, Jariyatna di Kantor BPK Batam Centre, Selasa (27/9/2022).

Gubernur Ansar mengatakan, BPK memiliki peran yang sangat penting, dalam membantu mewujudkan terciptanya pemerintahan yang baik atau good governance dan bersih atau clean governance.

Dikatakan Gubernur Ansar, sejauh ini Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau juga telah 12 kali menerima penghargaan secara berturut-turut atas perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK Perwakilan Kepri.

Pun dengan keberhasilan WTP yang dicapai pemerintah baik kota/kabupaten di seluruh wilayah Kepri, di mana banyak daerah kabupaten/kota, yang mendapatkan apresiasi atas kinerja laporan keuangan yang dilakukan BPK Perwakilan Kepri.

Penghargaan terakhir, sambung Gubernur Ansar, diserahkan langsung Menteri Keuangan Sri Mulyani bersamaan dengan Puncak Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 di Gedung Dhanapala, Kemenkeu RI Jakarta, Kamis (22/9/2022) lalu.

Masih Menurut Gubernur Ansar, capaian WTP adalah raihan tertinggi atas entitas penyampaian laporan keuangan, berdasarkan hasil pemeriksaan BPK yang disajikan dari pengelolaan anggaran APBD, baik provinsi atau kabupaten/kota. "Semoga penghargaan yang kita raih, akan menjadi pemacu kinerja seluruh jajaran pegawai di lingkungan Pemerintahan Provinsi Kepri, guna bekerja makin baik lagi," ujarnya, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Di akhir sambutannya, Gubernur Ansar, kembali menegaskan, jika segala bentuk yang telah dicapai agar bisa terus ditingkatkan ke depannya. Agar tugas-tugas kepemerintahan yang dilakukan, makin membaik dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak.

Sementara itu, Auditor 5 BPK RI, Dori Santosa, mengatakan Sertijab pada hakikatnya, bukan sekedar acara seremonial belaka. Namun memiliki arti yang sangat penting, dalam rangka menjaga kontinuitas pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi.

"Melalui momen Sertijab ini, bisa kita gunakan untuk terus menjalin komunikasi, membangun sinergi dan kolaborasi, serta meningkatkan koordinasi dengan semua stakeholder, sebagai mitra kerja BPK," jelas Dori Santosa.

Dori Santosa mengatakan, sebagai organisasi yang dinamis, BPK secara terstruktur dan sistematis terus melakukan promosi, rotasi, dan mutasi bagi para pejabat serta pegawainya. Kegiatan tersebut dimaksudkan, dalam rangka menjaga dan membangun budaya organisasi BPK yang berlandaskan pada nilai-nilai dasar yaknib independensi, integritas, dan profesionlitas, imbuhnya.

BPK, tambah Dori Santosa, juga akan terus berperan mendorong perbaikan kualitas laporan keuangan bagi semua mitra kami, agar bisa memiliki akuntabilitas yang tinggi dalam menjalankan kinerjanya.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan berita acara serah terima jabatan dan penyerahan buku memori jabatan dari pejabat lama Masmudi kepada pejabat baru Jariyatna.

Seperti diketahui, Masmudi akan melanjutkan mengemban tugas di tempat baru sebagai Kepala Perwakilan BPK Provinsi Aceh. Adapaun pejabat baru yakni Jariyanto, sebelumnya adalah Kepala BPK Perwakilan Provinsi Yogyakarta.

Turut hadir pada kesempatan ini, Ketua DPRD Provinsi Kepri, Jumaga Nadeak; Ketua DPRD Kabupaten/Kota se-Kepri, para Sekertaris Daerah Kabupaten/Kota se-Kepri dan para tamu dan hadirin undangan lainnya.

Editor: Gokli