Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto Resmi Jabar Pangkoarmada RI
Oleh : Redaksi
Selasa | 27-09-2022 | 16:52 WIB
ksal_yudo_b1.jpg Honda-Batam
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Pangkoarmada RI dari Laksamana Madya Abdul Rasyid kepada Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, di Lapangan Arafuru Koarmada I, Jakarta Pusat, Selasa (27/9/2022).

Heru sebelumnya menjabat sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran Umum Panglima TNI. Sementara Rasyid pada bulan ini memasuki masa purna tugas.

"Jabatan Pangkoarmada RI memiliki nilai yang strategis sebagai pimpinan kotama pembinaan, Pangkoarmada RI memikul tanggung jawab untuk mampu menjamin kesiapan tempur seluruh elemen armada hingga tingkat tertinggi, sehingga bisa diandalkan," kata Yudo saat memimpin sertijab.

Heru diketahui adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke 34 Tahun 1988. Pria kelahiran Magelang 31 Maret 1966 ini pernah menjabat sebagai Palaksa KRI Teluk Ende pada 2001dan Komandan KRI Sutedi Senoputra-378 pada 2003.

Kemudian ia menjabat sebagai Komandan Lanal Sorong pada 2004. Pada 2007, ia berdinas di Kemenpolhukam sebagai Kepala Bidang Wilayah Perbatasan.

Heru juga pernah menjadi ajudan Wapres RI pada 2009. Pada 2012, ia menjabat sebagai Kepala Staf Guspurla Koarmatim dan Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmatim dengan pangkat Laksamana Pertama pada 2014.

Kemudian, ia menjabat sebagai Komandan Lantamal X Jayapura dan Kepala Staf Koarmada 1. Heru lalu menjabat Panglima Komando Lintas Laut Militer dengan pangkat bintang dua pada 2018.

Setahun kemudian atau 2019, ia menjabat Panglima Koarmada II. Setahun kemudian menjabat Asisten Perencanaan dan Anggaran Umum (Asrenum) Panglima TNI dan menerima jabatan sebagai Pangkoarmada RI sejak Agustus 2022.

Dengan jabatan ini, Heru akan mendapat kenaikan pangkat menjadi bintang tiga atau Laksamana Madya.

Editor: Surya