Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dianggap Tidak Sportif, Ganda Putri Indonesia Didiskualifikasi
Oleh : Redaksi
Kamis | 02-08-2012 | 09:25 WIB
Melia_Jauhari_dan_Greysia_Polii.jpg Honda-Batam
Pasangan Ganda Putri Indonesia, Melia Jauhari dan Greysia Polii, foto:AFP

LONDON, batamtoday - Tim bulu tangkis ganda putri Indonesia yang diturunkan  pada gelaran Olimpiade London 2012 akhirnya menerima hukuman di diskualifikasi.


Hukuman ini dijatuhkan federasi bulu tangkis dunia (BWF) lantaran pasangan ganda putri Indonesia Meiliana Jauhari/Greysia Polii dianggap bertanding tidak serius dan cenderung mengalah.

Dikutip dari AFP, Kamis(2/8/2012), selain Indonesia, BWF juga menjatuhkan hukuman yang sama pada tiga pasangan ganda putri lainnya, masing-masing pasangan China Yu Yang/Wang Xiaoli, pasangan Korsel Ha Jung-Eun/Kim Min-Jung dan Jung Kyung-Eun/Kim Ha-Na. 

Mereka dituduh tidak menggunakan kemampuannya. Penonton marah dan mengejek para pemain saat berlaga di Wembley Arena, London Selasa malam, karena mereka dinilai sengaja memukul shuttlecock ke arah net, ke samping atau ke belakang lapangan. Tindakan tersebut disinyalir dilakukan para pemain agar mendapat lawan yang lebih enteng pada putaran berikutnya.

Wasit yang geram, beberapa kali memberikan peringatan kepada pemain. Namun hal tersebut tidak diindahkan, hingga akhirnya wasit mengeluarkan kartu hitam dan mendiskualifikasi empat pasangan tersebut dari gelaran Olimpiade 2012.