Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Provinsi Menuju Nol Kasus PMK, Gubernur Kepri Dapat Penghargaan dari Kementan RI
Oleh : Redaksi
Selasa | 16-08-2022 | 10:04 WIB
menuju-zero-PMK.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Piagam penghargaan dari Kementan RI untuk Provinsi Kepri. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad meraih anugerah dari Kementerian Pertanian (Kementan-RI) di bidang Pertanian 2022 pada Minggu (14/08/2022).

Penghargaan bergengsi untuk Gubernur Kepri ini diberikan oleh Kementerian Pertanian RI dalam rangkaian tasyakuran dan penyerahan penghargaan Pertanian 2022.

Hal ini juga sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintahan Daerah, para petani dan peternak yang telah mendorong akselerasi perekenomian negara di sektor pertanian. Selain Gubernur Kepri ada 9 Gubernur lainnya yang juga menerima penghargaan serupa.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, acara ini bukan merupakan acara yang biasa saja. Limpo mengajak masyarakat Indonesia harus kembali mengulangi kejayaan Bangsa Indonesia di 36 tahun yang lalu ketika pada tahun 1984 Presiden Soeharto mendapatkan penghargaan swasembada pangan dari dunia internasional.

"Dan kejadian itu kembali terulang hari ini di pemerintahan Bapak Presiden Joko Widodo," ungkap Syahrul Yasin Limpo di Lapangan Upacara Kementerian Pertanian Jakarta, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Menteri Pertanian periode II kepemimpinan Joko Widodo-Ma'ruf Amin itu mengungkapkan, hari ini Indonesia mendapat penghargaan pangan beras dari Internasional Rice Research (IRI) adalah lembaga internasional dunia yang setara dengan PBB, World Bank, UNESCO dan sebagainya yang konsen di bidang pangan.

Syahrul juga menyatakan, ketahanan pangan Indonesia adalah ketahanan pangan terbaik dunia saat ini. Dan semua ini, lanjut Yasin, merupakan buah dari kerja keras dan pencapaian hari ini yang dilakukan oleh Gubernur, Bupati, para Kepala Dinas Pertanian terkusus para petani yang sudah bekerja dengan seluruh jajaran Kementerian Kertanian. Sehingga penghargaan ini dipersembahkan dalam momentum Kemerdekaan Indonesia ke-77 tahun.

"Sistem pertahanan pangan yang tangguh melalui berbagai macam inovasi aktivitas pertanian untuk menjadikan kita terus konsisten dari tahun 2019 hingga tahun 2021 memproduksi 31,3 juta ton," kata Menteri Pertanian dalam sambutannya.

Menurutnya, berdasarkan data dari BPS stok pangan di lapangan jumlahnya sampai akhir April 2022 tertinggi. Yaitu, 10,2 juta ton dan sudah tidak impor lagi di 3 tahun terakhir.

Mewakiki Presiden RI Joko Widodo, Yasin pun berteri makasih kepada jajaran Kementerian Pertanian, para Gubernur, Bupati para kepala dinas serta para petani dan seluruh stakeholder yang sudah bekerja secara maksimal.

Dalam beberapa nominasi penghargaan yang diberikan, Provinsi Kepri terbilang berhasil mendapatkan penghargaan 'Provinsi Menuju Nol Kasus Penyakit Mulut dan Kuku' yang langsung diberikan oleh Menteri Pertanian RI kepada Gubernur Kepri, diwakili Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepri, Rika Azmi.

Editor: Gokli