Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kebakaran Hutan Nyaris Hanguskan Perumahan Taman Harapan Indah 4
Oleh : Agus/Dodo
Sabtu | 28-07-2012 | 15:21 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Sebuah kebakaran hutan nyaris menghanguskan Perumahan Taman Harapan Indah 4 RT.03/RW.02, Tanjungpinang Timur pada Sabtu (28/7/2012) sekitar pukul 12.00 WIB.


Abdul Halim, ketua RT.03 mengatakan api diketahui berasal dari hutan yang berada di belakang perumahan tersebut.

"Cukup besar apinya dengan asap yang tebal," kata Halim.

Hal itu membuat warga perumahan langsung panik dan mencoba memadamkan api dengan alat seadanya. Beberapa warga lainnya lantas mengontak Pemadam Kebakaran Tanjungpinang yang datang sekitar 10 menit kemudian.

Dua unit mobil damkar diturunkan di lokasi kejadian untuk menjinakan api yang sudah membakar sekitar 3-5 meter hutan yang berada disekelilingnya.

Sementara itu, Kasi Pemadam Kebakaran, Raja Mukmin menyebutkan api diduga dari puntung rokok, atau sengaja membakar sampah lalu ditinggalkanya di tengah hutan yang rawan terbakar.

"Saya menghimbau kepada warga agar cepat tanggap jika melihat kebakaran dan segera laporkan ke kami, secepat mungkin dan hindari hal-hal yang bisa menyebabkan kebakaran," kata Mukmin.

Di tempat terpisah, Kapolsek Tanjungpinang Timur AKP Dandung Putut WB, mengakui masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran tersebut.