Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Empat Pelajar Batam Raih Beasiswa ke AS
Oleh : Ocep/Dodo
Jum'at | 27-07-2012 | 12:12 WIB

BATAM, batamtoday - Empat siswa sekolah menengah di Kota Batam yang berasal dari SMA Negeri 3 dan SMA Harapan Utama berhasil memperoleh beasiswa ke Amerika Serikat selama setahun.


Keempat pelajar tersebut antara lain Yanti Kusmiati, Febri Utami dan Agus Fadilah yang merupakan siswa SMA Negeri 3 serta Witor, salah seorang siswa di SMA Harapan Utama. Keempatnya difasilitasi Yayasan Bina Antar Budaya mendapatkan beasiswa bersekolah selama setahun di AS.

Rahimal, Ketua Chapter Padang Yayasan Bina Antar Budaya mengatakan, pihaknya akan memberangkatkan keempat pelajar tersebut ke AS pada hari ini.

"Hari ini seluruh kandidat nasional berangkat ke Amerika Serikat," ujarnya di Batam, Jumat (27/7/2012).

Selama setahun di AS, Yanti Kusmiati akan bersekolah di salah satu SMA yang berada di negara bagian Oregon, Febri Utami di Michigan, Agus Fadilah di Washington dan Witor akan bersekolah di Wisconsin.

Yayasan Bina Antar Budaya sendiri, kata Rahimal, sudah menyiapkan para orangtua asuh untuk masing-masing dari mereka.

Beasiswa pendidikan tersebut diberikan oleh Pemerintah AS yang sejak 1956 telah bekerjasama dengan Yayasan Bina Antar Budaya melaksanakan program ini.

Selama di sana, lanjut Rahimal, biaya hidup keempat pelajar itu ditanggung oleh masing-masing orang tua asuh mereka.

Dan selain mendapatkan beasiswa, masing-masing pelajar mendapatkan uang saku dari Pemerintah AS sebesar US$125 per bulan.

Menurut Rahimal, keikut sertaan keempat pelajar asal Batam dalam program ini merupakan sebuah prestasi bagi dunia pendidikan di Batam.

Hal itu mengingat sepanjang program ini dilaksanakan, ini kali pertama para pelajar asal Batam berhasil mendapatkannya.

Sementara itu, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan menyambut gembira keberhasilan para pelajar yang mendapatkan beasiswa.

"Atas nama Pemerintah Kota Batam, saya memberikan apresiasi kepada anak-anak kami yang mendapatkan beasiswa," ujarnya.

Dahlan berharap, selama bersekolah di AS keempat pelajar mampu mencapai prestasi yang baik serta menjaga nama baik Indonesia dan Kota Batam khususnya.

"Selama di sana, mereka membawa nama Indonesia dan di antara paa siswa yang berangkat ke sana, mereka membawa nama Batam," katanya.

Selain itu, Dahlan juga meminta kepada para pelajar untuk menjalin pergaulan yang luas kepada para pelajar AS dan membangun jaringan semaksimal mungkin sebagai salah satu modal penting meraih kesempatan berprestasi selanjutnya.