Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolres Bintan Hadiri Sosialisasi Antisipasi Pungli PPDB 2022
Oleh : Syajarul Rusydy
Jumat | 24-06-2022 | 17:56 WIB
penyerahan-plakat1.jpg Honda-Batam
Penyerahan plakat cendramata dari Satgas Saber Pungli Provinsi Kepri kepada Pemko Tanjungpinang dan Pemkab Bintan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kapolres Bintan, AKBP Tidar Wulung Dahonono ikut dalam kegiatan pembukaan sosialisasi antisipasi pungli pada proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SD/SMP/SMA/SMK tahun ajaran 2022/2023 Tanjungpinang-Bintan yang dilaksanakan di Ballroom Hotel CK Tanjungpinang pada Kamis (23/6/2022) lalu.

Ketua Pelaksana Saber Pungli Provinsi Kepri yang diwakili oleh Kombes Pol Dudus Harley Davidson menyampaikan sosialisasi ini dilakukan dalam rangka mencegah adanya tindakan pungli di sektor-sektor yang memiliki potensi adanya pungli.

Pungli adalah upaya meminta sejumlah uang kepada masyarakat oleh Penyelenggara Negara l atas suatu kegiatan, dan pelayanan dengan iming-iming memberikan kemudahan pelayanan oleh penyelenggara Negara sehingga menimbulkan kerugian materil oleh masyarakat.

"Dalam waktu dekat ini akan ada penerimaan siswa baru di seluruh sekolah yang ada di wilayah Provinsi Kepri dalam hal ini kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan sehingga berpotensi adanya pungli dalam peroses penerimaan tersebut dan diharapkan mulai saat ini tidak ada lagi praktik Pungli yang terjadi di wilayah kita," ujar Dudus.

Menanggapi kegiatan tersebut, Kapolres Bintan mengatakan apabila terjadi pungli di wilayah kerjanya akan menindak sesuai dengan hukum yang berlaku.

"Kita tidak ada tebang pilih, sisapa pun yang tersangkut kasus ini, akan kita tindak sesuai hukum yang berlaku. Untuk itu, saya harap kita semua ngerti dan menjalankan tugas sesuai dengan porsinya masing-masing," imbuh Tidar.

Sementara itu, Asisten pemerintahan provinsi Kepri Raja Hery Mochrizal menambahkan Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan sebagai bentuk pembinaan oleh Satgas Saber Pungli provinsi Kepri, kepada kita semua yang mana pencegahan pungli harus ada sinergitas antar Satgas Saber Pungli di Provinsi dan wilayah lainnya.

"harapan kita tindakan pungli saat penerimaan siswa baru dapat dihapuskan," ungkapnya.

Editor: Yudha