Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Palsukan Dokumen Pemain, Ekuador Terancam Dicoret dari Piala Dunia 2022
Oleh : Redaksi
Jumat | 10-06-2022 | 16:20 WIB
timnas-ekuador1.jpg Honda-Batam
Timnas Ekuador.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Timnas Ekuador terancam dicoret dari daftar finalis Piala Dunia 2022 karena memalsukan dokumen pemain.

Ekuador menjadi salah satu negara yang sudah dipastikan lolos ke Piala Dunia Qatar 2022.

Ekuador berhasil memastikan tiket ke putaran final usai finis keempat di klasemen akhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL.

Namun kini La Tri, julukan Ekuador, terancam dicoret dari Piala Dunia 2022 karena memalsukan paspor dan akta kelahiran pemain bernama Byron Castillo, agar terlihat seolah-olah dia lahir di Ekuador.

Protes itu diungkap pihak timnas Chile sehingga terungkap bahwa Castillo sebenarnya lahir di Kolombia dan tidak memiliki hak atas kewarganegaraan Ekuador.

FIFA akan segera mengambil keputusan terkait pemalsuan dokumen pemain Ekuador ini. Lalu siapa yang akan menggantikan Ekuador di Piala Dunia 2022?

Sebelumnya ada rumor timnas Italia bisa menggantikan posisi Ekuador, meski kemudian dibantah pihak FIFA. Rumor peluang Italia lolos berasal dari posisi tertinggi di rangking FIFA di antara negara lainnya yang tidak lolos.

Namun opsi lain, FIFA juga dapat memberikan hukuman pada Ekuador dengan menggugurkan semua hasil yang mereka raih selama diperkuat Castillo.

Jika opsi itu yang diambil maka Chile yang akan berpeluang lolos ke Piala Dunia 2022 untuk mengambil jatah wakil dari Amerika Selatan.

Sementara itu Byron Castillo sendiri tercatat telah bermain sembilan kali untuk Ekuador dan telah main delapan kali di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha