Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dukung Program ASO, Pemprov Kepri Salurkan Puluhan Ribu STB ke Masyarakat Kurang Mampu
Oleh : Putra Gema
Sabtu | 28-05-2022 | 17:16 WIB
ansar-set-top-box.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat membagikan set top box untuk masyarakat Kota Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kepulauan Riau (Kepri) mulai menggesa pembagian Set Top Box (STB) kepada masyarakat di berbagai kabupaten/kota se-Kepri.

Kepala Dinas Kominfo Kepri, Hasan mengatakan, pembagian STB tersebut selaras dengan mulai dilaksanakannya Analog Switch Off (ASO) atau peralihan TV Analog ke TV Digital.

Lanjut Hasan, saat ini pihaknya tengah menggencarkan pembagian STB kepada masyarakat yang kurang mampu. Hingga saat ini, tercatat pihaknya telah membagikan 31.821 ke 4 kabupaten/kota. "Rincian pembagian STB-nya, 19.368 untuk masyarakat Kota Batam, 4.836 STB untuk mamasyarakat Kota Tanjungpinang, 3.047 STB untuk masyarakat Kabupaten Bintan dan 4.300 STB untuk masyarakat Kabupaten Karimun," kata Hasan, Sabtu (28/5/2022).

Dijelaskannya, dalam pembagian ini pihaknya juga bekerjasama dengan PT Pos Indonesia untuk pendistribusian ke masyarakat di beberapa kabupaten/kota.

Tidak hanya itu, Hasan juga mengungkapkan, hingga saat ini tidak ada kendala dalam mendukung program ASO besutan Kominfo RI ini. Hal ini dikarenakan masyarakat Provinsi Kepri menyambut baik peralihan TV analog ke TV digital tersebut.

"Semuanya berjalan lancar, masyarakat juga mendukung penuh dalam peralihan TV analog ke TV digital ini, jadi tidak ada kendala. Kami akan mendukung penuh program ASO ini di Kepri," ujarnya.

Ia juga menjelaskan, saat ini merupakan pembagian STB tahap I. Untuk kabupaten/kota lainnya seperti, Kabupaten Anambas, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Natuna akan masuk ke dalam pembagian selanjutnya.

Editor: Gokli