Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Lebaran, Harga Tiket Ferry dan Kapal Roro Tidak Ada Kenaikan
Oleh : Ali/Dodo
Selasa | 24-07-2012 | 15:10 WIB

BATAM, batamtoday - Kantor Pelabuhan Telaga Punggur memastikan harga tiket kapal Fery dan ASDP belum ada kenaikan pada moment arus mudik Idul Fitri 1433 Hijriah. 


"Menjelang lebaran nanti belum ada kenaikan harga tiket ferry maupun tiket kapal roro," ujar Nurdianto, Kepala Perhubugan Laut, Telaga Punggur, Selasa (24/7/2012).

Menurutnya, harga tiket menjelang lebaran hingga memasuki lebaran masih harga yang sama, yakni untuk harga tiket kapal ferry dengan rute Batam menuju Tanjungpinang per orang masih seharga Rp40 ribu, Batam menuju Dabo Singkep seharga Rp200 ribu. Sedangkan untuk speed boat dari Batam menuju Tanjunguban masih seharga Rp30 ribu.

Demikian juga dengan harga tiket kapal roro, menurut Fendi, salah satu operator di Pelabuhan ASDP, Telaga Punggur pada saat menjelang lebaran harga tiket masih harga lama, yakni untuk per orangnya sebesar Rp14.500. Sedangkan untuk kendaraan roda dua sebesar Rp24 ribu dan untuk kendaraan pribadi roda empat seharga Rp173 ribu.

"Untuk mobil angkut barang seperti pick-up sebesar Rp154.500, truk Rp272 ribu dan untuk muatan dalam satu ton sebesar Rp9 ribu," ujarnya.

Nurdianto kembali mengatakan, hingga saat ini belum ada operator kapal yang menaikkan harga tiket menjelang lebaran. Sesuai dengan aturan operator tidak boleh menaikkan harga tiket secara tiba-tiba.

"Kalau ada kenaikan tiket, operator terlebih dahulu harus menyosialisaikan kenaikan. Dan kenaikan juga harus ada persetujuan instansi terkait, baik dari perhubungan, pemerintah maupun dari DPRD dan lainnya. Maka jika terjadi kenaikan sepihak akan berikan sangsi," tuturnya.