Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Chelsea Resmi Dijual Rp 72 Triliun, Dibeli Pemilik Lakers
Oleh : Redaksi
Sabtu | 07-05-2022 | 12:20 WIB
A-roman-abramovich_jpg2.jpg Honda-Batam
Roman Abramovich. (Foto: AP/Matt Dunham)

BATAMTODAY.COM, London - Chelsea akhirnya punya pemilik baru. Tawaran senilai US$5 miliar atau sekitar Rp 72 triliun dari konsorsium investor yang dipimpin oleh pemilik saham Los Angeles Lakers, Todd Boehly, akhirnya diterima.

Manajemen Chelsea, menurut laporan CNN, mengumumkan kesepakatan dengan Boehly pada Jumat waktu setempat. Selain pemilik saham Lakers, Boehly merupakan salah satu pemilik klub bisbol Los Angeles Dodgers dan klub bola basket wanita Los Angeles Sparks.

Chelsea menyatakan proses penjualan bakal rampung bulan ini, "tergantung kepada persetujuan regulator".

Siaran pers di situs web Chelsea menyatakan, "Dari total investasi, senilai 2,5 miliar pounds atau US$3,08 miliar akan digunakan untuk membeli saham. Dana tersebut akan disimpan di rekening bank di United Kingdom yang saat ini dibekukan, yang rencananya akan didonasikan seluruhnya oleh Roman Abramovich. Transfer dana keluar dari rekening tersebut harus berdasarkan persetujuan pemerintah United Kingdom."

Selanjutnya, pemilik baru Chelsea berkomitmen untuk menginvestasikan 1,75 miliar pounds atau sekitar US$2,16 miliar untuk operasional klub. Ini termasuk investasi untuk Stamford Bridge (stadion kandang Chelsea), akademi sepak bola, tim sepak bola wanita, Kingsmewadow (fasilitas latihan Cheslea), dan Chelsea Foundation.

Sumber: CNBC Indonesia
Editor: Dardani