Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Keunggulan Vietnam atas Indonesia adalah Masa Lalu
Oleh : Redaksi
Kamis | 05-05-2022 | 15:44 WIB
A-shin-tae1.jpg Honda-Batam
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong, optimistis mengenai peluang SEA Games 2021 (SEA Games 2022) dan masa depan skuad Garuda.

Shin mengakui Vietnam memiliki skuad yang bagus pada pertemuan terdahulu melawan Indonesia, namun pada SEA Games kali ini sosok asal Korea Selatan itu menilai tim Merah Putih bakal meraih hasil apik.

"Dalam pertemuan terdahulu saat saya menjabat sebagai pelatih Indonesia, saya tidak malu mengatakan Vietnam memiliki kualitas lebih baik dibanding Indonesia," kata Shin.

"Tetapi di SEA Games kali ini, kami sudah menambahkan pemain-pemain bagus dari dalam negeri dan dari Eropa. Saya sangat percaya diri kami bisa meraih hasil lebih baik dibanding Vietnam pada masa depan. Para pemain juga begitu percaya diri soal hal itu," tambahnya.

Shin sudah pernah dua kali bertemu Vietnam ketika menangani Timnas Indonesia, yakni saat kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2020. Dari dua laga tersebut, skuad Garuda menelan kekalahan dan meraih hasil imbang.

Dalam konferensi pers jelang pertandingan SEA Games 2022, Shin tak memungkiri harapan besar dari pendukung di Indonesia.

"Ekspektasi fan di Indonesia begitu besar. Saya berharap tim bisa memiliki akhir yang bagus di fase grup SEA Games," ucap Shin.

Duel Vietnam vs Indonesia yang akan berlangsung Jumat (6/5/2022) malam memiliki arti penting bagi kedua negara yang menjadi unggulan di SEA Games kali ini. Selain tiga poin, faktor mental juga mempengaruhi pemain seandainya bisa meraih kemenangan pada laga pembuka.

Indonesia selalu bertemu Vietnam sejak SEA Games 2015, namun tidak pernah meraih kemenangan dengan perincian sekali seri dan tiga kali kalah. Selain bertemu pada fase grup dan final di SEA Games 2019, pertemuan Indonesia dan Vietnam terjadi pada fase grup SEA Games 2017 dan perebutan peringkat ketiga di SEA Games 2015.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha